*Bantu Pengamanan Ibadah Jumat Agung, GMKI Pematangsiantar-Simalungun Sebar Anggota Ke Rumah Ibadah.*

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Pematangsiantar : wartahukum.net- Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun menerjunkan puluhan kadernya untuk membantu kelancaran proses ibadah jumat agung dibeberapa gereja yang menggelar ibadah langsung.

Keterangan ini diperoleh dari Ketua GMKI Pematangsiantar-Simalungun Juwita Theresia Panjaitan melalui Ketua Bidang Aksi dan Pelayanan selaku Koordinator tim, Gading S dari Gereja HKBP Jl Gereja, Jumat 02/04.

Gading menerangkan pihaknya menurunkan 25 orang kader GMKI yang tersebar di 10 gereja yang berada di inti kota dengan masing-masing HKBP Jl Gereja (Armada Simorangkir, Daniel Sinaga, Jessica Purba dan Lenni Marbun), HKI Kantor Pusat (Okta Sianipar, Mervy Lubis, Aprilman Gulo), GKPS Sudirman (Dani Sumbayak, Mega Sumbayak, Nifati Gulo) HKI Martoba (Defi Gulo, Yohannes Manurung), HKBP Siantar Kota (Juwita Panjaitan, Grace Saragi), GKPS Kantor Pusat (Popiana Hutauruk, Omas Bawamenewi), HKBP Parsaoran Nauli (Lidia Manurung, Winda Siahaan), Bala Keselamatan (Natalia Silitonga, Martin Nababan), Katolik St Stefanus Jl Sibolga (Diana Simamora, Indra Simarmata) dan Katolik St Yosef Jl Bali (Katarina Manurung, Vivi Siahaan, Siska Siburian).

Gading menerangkan kehadiran mereka untuk memperkuat elemen pengamanan yang ada, maka kehadirannya bersifat koordinasi dengan security gereja, TNI-Polri dan Organisasi lain seperti PBB yang turut melakukan penjagaan.

“Sejauh ini dari laporan yang ada tidak ditemukan kendala yang serius, jemaat bisa melakukan ibadah dengan tertib, jemaat juga terlihat disiplin menerapkan protokol kesehatan saat ibadah.” ujar Gading.

Sementara saat turut jaga di HKBP Siantar Kota, Ketua GMKI Pematangsiantar-Simalungun Juwita Theresia Panjaitan berharap agar baik ibadah jumat agung dan paskah minggu dapat berjalan tertib tanpa gangguan di wilayah hukum Kota Pematangsiantar.

Juwita Panjaitan selaku Ketua GMKI Pematangsiantar-Simalungun menerangkan juga Tujuan dari diturunkannya anggota GMKI Pematangsiantar-Simalungun untuk ikut membantu pengamanan gereja dan untuk menjaga keamanan dan kelancaran ibadah serta membantu pelaksanaan ibadah agar sesuai protokol kesehatan, yang akan disebar dibeberapa titik rumah ibadah yang terletak di pusat kota.
Nahh tambahannya Juga Juwita Panjaitan Mengungkapkan GMKI adalah anak kandung gereja jadi GMKI turut andil untuk melancarkan kegiatan ibadah jumat agung ini karena situasi saat ini juga sedang marak² nya aksi BOM bunuh diri, untuk itu masyarakat harus menghilangkan rasa takut terlebih menahan diri untuk tidak terprovokasi atas aksi itu demi menjaga kekondusifan dimasyarakat.

“Semoga jemaat dapat dengan khusuk melaksanakan ibadah paskah yang sangat berarti dalam keyakinan iman kristen ini.” tutup Juwita. (Jefri Sinaga)