Camat Bulakamba Pimpim Apel OPS Yustisi Penegakan dan Pendesiplinan Protokol Kesehatan Wilayah Bulakamba’’AYO PAKAI MASKER “

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Brebes : Warta Hukum Reporter ( 642/VIII/220 ) – Camat Bulakamba –Polsek-Koramil Bulakamba, Penegakan disiplin pencegahan COVID-19, Lanjutan Pecepatan Penanganan COVID-19 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.

Diawali dengan apel Di halaman Balai Desa Luwungragi Bulakamba dengan melibatkan pasukan gabungan yang terdiri dari TNI personil Koramil Bulakamba, Personil Polsek Bulakamba , Staf Kecamatan Bulakamba,Trantib Kecamatan Bulakamba,dan di bantu perangkat Desa serta Kepala Desa , Serta Pemuda GMBI ( Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia ) , Senin ( 5-10-2020 ) Pukul, 09.15 WIB.

Selama Proses penegakan tersebut sedikitnya ada 20an ( Dua puluh ) Orang warga Luwungragi yang kedapatan tidak menggunakan masker disaat melintas di depan Balai Desa luwungragi, kepala Desa luwungragi Bapak Sariyo menyampaikan banyak trimaksih di adakanya Operasi masker di wilayah di desa kami, operasi tersebut tim gabungan TNI-Polri dan Trantip serta Pemuda LSM GMBI ( Gerakan Masyarakat Bawah, Indonsia ) Setia Bela Pancasila , siap memberikan sanksi sosial , Bernyayi ,mengucapkan Pancasila ,Push Up, Bagi warga yang kena Razia Masker,” Ungkapnya Sariyo

Dalam amatannya camat Bulakamba Sugeng Basuki,SH.MM Selaku pengambil apel menyampaikan bahwa’’Kepada warga yang tidak mengunakan masker kita tegur dengan humanis dan kita berikan sanksi berupa teguran hungga sanksi sosial sesuai Inpres No : 06 Tahun 2020 dan Perbup No .46 Tahun 2020,’’Ujarnya.

“Seperti diketahui Bawasanya obat atau Vaksin untuk Wabah COVID-19 ini belum ditemukan,Untuk itu mari kita tetap menjaga kesehatan masing-masing,’’ucapnya

Tak henti-hentinya , Rutinitas Aparat Gabungan TNI-Polri Bersinergi menertipkan penerapan Protokol Kesehatan kepda masyarakat yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Operasi Yustisi Lanjutan Kali ini dilaksanakan di Desa luwungragi dan Karangsari , Senin ( 5-10-2020 ) Camat ,Polsek bersama Koramil Bulakamba melaksanakan Operasi Yustisi dan berhasil menjaring Puluan orang di dua lokasi yang berbeda , pelanggar yang kedapatan tidak menggunakan masker dengan diberi Sanksi mengucapakan Pancasila,diberikan Sanksi Push Up ,dan teguran dan diberikan arahan mengarah ke warga yang kena Razia, di himbau warga selalu pakai masker bila keluar dari rumah.

Camat Bulakamba Sugeng Basuki, SH.MM Mengatakan,’’ Pelaksanaan Operasi Yustisi bertujuan mengingatka masyarakat agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Ini untuk menekan lajunya penyebaran COVID-19, mengingat jumlah pasien terpapar semakin meningkat,’’ucapnya.

Lanjutan,’’Operasi Yustisi ini, Kita dilakukan sesuai dengan Inpres No.06 Tahun 2020 tentang penegakan disiplin protokol kesehatan khususnya diwilayah hukum Polsek Bulakamba Polres Brebes.

Yang jadi sasaran opersai lanjutan di Desa Karangsari , tidak hanya pejalan kaki tapi para pengendara motor maupun mobil dilakukan juga pemeriksaan terhadap para penumpangnya, ‘’Kami akan terus mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Kepala Desa Karangsari Sunarto, menyampaikan bahwa didesa kami masyarakat sudah sadar adanya Protokol Kesehatan COVID-19, memang desa kami yang saya pimpin hanya sebagian warga yang tidak menggunakan masker,”Jelasnya Sunarto.

Dalam giat tersebut,personil polsek Bulakamb bersama koramil Bulakamba dan Trantip Kecamatan Bulakamba di pimpin Camat Sugen Basuki ,SH,MM Melasanakan Razia masker terhadap pengguna jalan,’’Bahwa Razia masker siang ini ,yang terjaring ada Puluan orang , kesalahanya karena ngak pakai masker,’’katanya

30 ( Tig puluh ) Orang kami berikan teguran lisan, 8 (Delapan) orang teguran ,12 ( Dua belas ) orang diberikan tindakan sanksi sosial bersih-bersih dan 10 (Sepuluh) orang membaca Pancasila dan Sanksi Push Up, di dua lokasi yang berdeda ,di desa luwung ragi dan Desa Karangsari.

“Dalam Operasi tersebut para pelanggar tidak dikenakan sanksi denda administrative,’’Terangnya.
Selanjutnya ,para pelanggar diberikan masker kemudian di berikan teguran agar tidak mengulangi lagi saat keluar rumah tidak menggunakan masker.

“Menidak lanjuti perintah Bupati Brebes, tentang penindakan kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.
Gabungan Satuan TNI dan Polri serta Tantib,menggelar aksi penegakan kedisplinan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yang bertempat didesa –desa ,Kecamatan Bulakamba ,Kabupaten Brebes Senin ( 05-10-2020 ).

Selama proses peneggakan tersebut ,sedikinya ada 30 (nTga Puluh ) orang warga yang kedapatan tidak menggunakan masker disaat melakuan aktivitas.”Pungkasnya.
Penulis Reporter WH ( As )