Bupati Nganjuk Serahkan Sertifikat PTSL Secara Simbolis Di Pulowetan

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Nganjuk : Bupati Nganjuk, H. Novi Rahman Hidayat S,Sos.MM menyerahkan secara simbolis 550 sertifikat tanah dari program sertifikasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat Desa Pulowetan, Kecamatan Jatikalen , Sabtu (26/9) di Balai Desa setempat.

Dalam sambutannya Bupati Nganjuk’Mas Novi sapaan akrabnya, ingin memastikan bahwa program PTSL dari Presiden Jokowi dapat terlaksana dengan baik salah satunya adalah dengan adanya penyerahan seperti ini. Sehingga hak-hak masyarakat dalam hal kepemilikan tanah bisa diakui secara sah dan dilindungi oleh negara.

“Alhamdulillah hari ini hak masyarakat dalam kepemilikan aset atau tanahnya diakui oleh negara, sudah bersertifikat sehingga bernilai lebih baik”Ungkapnya.

Dia juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Nganjuk beserta jajaran yang telah menyelesaikan target tahun 2020 meskipun dalam kondisi pandemi covid-19.

Selain itu, dengan adanya program PTSL ini bisa menjadi jalan bagi masyarakat untuk mengembangkan ekonomi. Pasalnya aset yang dimiliki akan memiliki nilai lebih baik jika telah disertai dengan sertifikat yang resmi diakui secara sah oleh negara.

Dan berpesan kepada masyarakat untuk menjaga baik-baik sertifikat yang sudah diterima, karena itu merupakan bukti sah dan jaminan kepastian hukum hak atas pemilik.

“Simpan baik-baik sertifikat. Jadi jika ada perselisihan antar tetangga, misal warga memperebutkan tanah pekarangan kalau panjenengan belum punya sertifikat kemungkinan bisa menjadi perselisihan berkepanjangan,” urainya.

“Tetapi kalau sudah punya bukti sertifikat akan aman, agar sengketa tanah ini semakin minimal untuk itu Pemerintah punya program PTSL ini.

Jika Kabupaten Nganjuk punya target bertahap, semua tanah sudah mempunyai kekuatan hukum dan terdaftar.

“Sebenarnya membuat sertifikat itu biayanya cukup besar, tapi karena program PTSL dari pemerintah dan memberikan subsidi, sehingga warga masyarakat hanya perlu membayar seperlunya sesuai Surat Keputusan bersama (SKB) tiga menteri, mengenai biaya PTSL dan Perbup 25 tahun 2019 tentang Pembebanan Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Terpisah”Yanto Kepala Desa Setempat,dalam sambutannya juga “mengucapkan”syukur atas kedatangan Bupati beserta jajaran,BPN Nganjuk dan Forpimka Kecamatan Jatikalen dalam tajuk penyerahan sertipikat PTSL. Sebab selama dia menjabat baru kali ini Bupati datang ke Desanya yang berada paling timur di Kabupaten Nganjuk. Dia juga berharap dengan adanya kedatangan orang nomor satu di Nganjuk dapat melihat langsung kondisi desanya,serta nantinya dapat memberikan perhatian khusus,yakni tentang akses jalan yang masuk di kewenangan Kabupaten menuju Desanya. Yang mendapat respon positif dari Mas Bupati,yakni adanya agenda tentang pembangunan jalan tersebut. “Ungkapnya.

Untuk diketahui : Tajuk yang dilakukan berlangsung aman tertib dan bersahaja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dimasa pandemi kali ini .(Tian)