Desa Lanas Botolinggo Gelar Musdes RKPDes 2021

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Bondowoso : Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lanas Kecamatan Botolinggo menyelenggarakan musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan rencana pembangunan Desa yang menjadi pedoman bagi pemerintah Desa dengan menyusun rancangan RKP Desa dan daftar usulan RKP Desa, Selasa (22/09/2020)

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Lanas dihadiri oleh, Sekcam Botolinggo, Ka Pospol, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPD, PPL, Kepala Desa dan jajaran serta tokoh masyarakat.

Sekcam Botolinggo Deni menyampaikan
Maksud dari musdes RKPDes ini adalah guna tercapainya penyusunan rencana kerja pemerintah desa yang merupakan Kerangka acuan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa.

RKPDes juga merupakan instrumen kinerja perangkat Desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya, serta sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pamerintah Desa oleh masyarakat maupun elemen pemerhati pemerintahan yang berkepentingan memantau kinerja pemerintah Desa.

Kapospol Botolinggo Hadi Sugono juga menyampaikan bahwa serap aspirasi melalui musyawarah Desa sebagai acuan untuk menyusun RKPDes 2021 ” Perencanaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik juga ,” ucap kapospol.

Serda M Gatot selaku Babinsa Desa Lanas mengatakan selain fokus pada kegiatan fisik kedepan pengelolaan Bumdes perlu ditingkatkan, tertib mulai administrasi hingga pengelolaannya hal ini untuk mendongkrak Pendapatan Anggaran Desa (PAD).

Selain itu Serda Gatot menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti anjuran Pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan mamakai masker, cuci tangan serta jaga jarak dan jaga kesehatan, bersatu melawan covid, tegasnya.

Sementara Kepala Desa Lanas Suniwar dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama semua pihak baik BPD, tokoh masyarakat, para kepala dusun dan seluruh unsur masyarakat yang sudah bekerjasama dengan baik dengan tujuan yang sama yakni ingin memajukan Desa Lanas, selangkah lebih maju dari desa lain. ( RS )