Satpol PP Brebes Gelar Operasi Razia Masker,69 Orang Terjaring Operasi Covid-19

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Brebes : Wartahukum.Net ( Reporter 642/VIII/220 ). Jum’at , 18 September 2020- 09.30 Wib, Sejumlah 69 Orang ( Enam Puluh Sembilan Orang ) terjaring Razia Masker dalam rangka pendisiplinan pencegahan penularan Covid-19 oleh Satpol PP ,TNI-Polri,Denpom ,Kodim 0713, Satuan Lalu Lintas Brebes,

Sebanyak 69 orang terjaring operasi Pendisiplinan oleh Satpol PP Brebes . Ke-69 orang tersebut kedapatn tak mengenakan masker saat beraktivitas. Operasi tersebut di gelar di depan lapangan sepak bola Karangbirahi pada hari Jum’at 18-9-2020.

Kepala Satpol PP Brebes Supriyadi, S. Sos menuturkan, operasi digelar sesuai dengan dengan aturan kepres no : 06 Th .2020. dan Pergub jateng no : 26 Th 2020 dan peraturan Bupati / Perbub No : 46 Th 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum terhadap pelanggar Protokol Kesehatan.
‘’sesuai peraturan Bupati , termasuk Intruksi Presiden sebelumnya, operasi kami gelar untuk mendisiplinkan masyarakat yang belum menerapkan pencegahan COVID-19 ,’’ Kata Supriyadi, S. Sos Kepada Reporter Wartahukum.Net yang bertugas Dilapangan , Jum’at ( 18- 9- 2020 )

Operasi Lokasi di depan Lapangan Sepak bola Karang Birahi yang disasar Satpol PP, TNI-Polri dan Kodim 0713 , Denpom Brebes ini dilaksanakan di jalan depan Stadion Krangbirahi dan wilayah Kecamatan Brebes Lainya.

‘’Operasi dilakukan dengan tim gabungan. Memang masih banyak masyarakat yang kedapatan tak memakai masker dan tak melakukan Protokol Pencegahan COVID-19,’’ Tambahnya.
Sebanyak 69 Orang ( Enam Puluh Sebilan Orang ) tersebut mendapat sanksi dari petugas 61 orang ( enam puluh satu orang ) Di kanai Sanksi di catat KTP dan di sanksi pembersian lingkungan operasai , Petugas juga menyediakan alat berupa sapu dan pengki , dan Pus Up atau olah raga ,tutur Edy.

Delapan orang yang terjaring , berdasarkan Peraturan Bupati Brebes Nomor : 64 Tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan Penegakan hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di kabupaten Brebes.

Maka satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Brebes telah melakukan Inpeksi mendadak, Jum’at tanggal 18 september 2020, jam 09.18 wib, dilokasi Stadion karangbirahi. Melaksanakan Pembinaan Perilaku disiplin dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Kabupaten Brebes.

Bahwa yang bersangkutan berada di tempat umum tidak menggunakan MASKER Sehinga patut di duga melakukan pelanggaran etika dan perilaku disiplin dalam percepatan penanganan dan pengendalian COVID-19 di Kabupaten Brebes.

Dalam rangka proses pembinaan disiplin , maka yang bersangkutan di kenai sanksi sebagaimana diatur dalam pasal 7 ( ayat 1 ) dan ( ayat 2 ) Huruf A angka 5 dan Hurup B angka 4 Perda kabupaten brebes Nomor 64 Tahun 2020 berupa membayar dendan administratif.

Bagi perorangan denda administratif paling banyak Rp. 10.000 ( sepuluh ribu rupiah ) bagi yang tidak memakai masker. Bagi pelaku usaha pengelola penyelenggara / penaggung jawab dan fasilitas umum denda administratif paling sedikit Rp. 50.000 ( lima puluh ribu rupiah ) dan paling banyak Rp. 50.000.000 ( lima puluh juta rupiah ). Demikian berita acara pemeriksaan ini di buat dengan sebenarnya dalam rangka penegakan Disiplin Percepatan Penanganan dan Pengendalian COVID-19 di lingkungan Kabupaten Brebes , di buat di Brebes pada Tnggal 18 september 2020 PPNS Edy Hermawan, SH, MH. NIP . 196640414 199303 1 009.

Pihaknya menyimpulkan bahwa sampai saat ini, Masyarakat masih perlu diingatkan untuk mengunakan masker.

‘’Secara umum tingkat kesadaran masyarakat dalam mengunkan Masker masih sangat perlu peningkatan pendisiplinan.

Rencananya Opersai Gabungan Satpol PP, TNI –Polri ,Kodim, Denpom, Lalu Lintas, akan terus dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan warga mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Rencana akan terus dilakukan agar kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker terus meningkat demi memutus penularan Virus Corona –COVID -19,’’ Pungkasnya ( red )
Penulis : Reporter Wartahukum ( As )