Operasi Sapu Jagad Tim Gabungan Satpol PP Brebes Dan Satpol PP Cirebon Dan TNI-Polri

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Brebes : Reporter Warta Hukum ( Agus Salim S.kom ). Kamis 17 September 2020 di ruas perbatasan jawa tengah dan jawa bawat dan seputar Pasar Losari , sejumlah personil gabungan yang terdiri dari satuan Polisi Pamong Praja, TNI-Polri ,bersinergi terjun ke lapangan guna melaksanakan Operasi Yustisi Penegakan Peraturan Perundang-undangan . Operasi Gabungan Patuh Protokol Kesehatan ini akan menerapkan sanksi kepada pelanggar Protokol Kesehatan Sesuai peraturan Bupati Brebes.

‘’Operasi Sapu Jagad Tim gabungan Satpol PP Kabupaten Brebes,Satuan Polres Brebes ,Kodim 0713 Brebes dan Denpom Brebes serta Unsur Trantib Kecamatan Losari Brebes ,Dalam penegakan Disiplin Protokol Kesehatan ,Sesuai dengan Aturan, Kepres No : 06 Tahun 2020. Pergub Jateng No : 26 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati/ Perbub No : 46 Tahun 2020 tentang Disiplin dan Pelanggar Protokol Kesehatan ,’’Ujar Edy Hermawan ,SH.MH.

Dalam Operasi Penindakan Kali ini ada dua tahab di jalan raya dan di pasar yang terjaring 156 ( Seratus lima puluh enam ) Pelanggar Protokol Kesehatan dari 2 lokasi yang berbeda Tim 1 melaksanakan operasi di Kawasan Pasar Losari , Sedangkan Tim 2 di kawasan jalan Pantura Losari, kepada para pelanggar Protokol Kesehatan di Kenakan Sanksi antara Lain, Di Catat Identitas KTP nya ,menandatangani surat pernyataan untuk patuh Protokol Kesehatan dan akan selalu pakai Maske, Kerja sosial bersih-bersih di sekitar lokasi operasi gabungan . Bagi pelaku Usaha , sanksi secara berjenjang , berupa teguran lisan atau teguran Tertulis, penerapan sanksi Sosial ini , berjalan lancar dan masin-masing pelanggar bisa menerima sanksi tersebut ,’’ujar Joko.

Operasi Sapu Jagad Tim Gabungan Satpol PP TNI-Polri , Denpom ini Dipimpin langsung oleh , Edy Hermawan,SH.MH Penanggung Jawab Kegiatan Operasi Lapangan.
‘’Selesai Operasi Di pasar Losari Tim Gabungan TNI-Polri , Satpol PP, Denpom Brebes Jawa Tengah Langsung Bergerak Bergabung bersama Tim Satpol PP TNI-Polri Cirebon jawa barat di Pos Polisi Losari tepatnya di terminal angkotan umum, Tim Gabungan Pol PP Kabupaten Cirebon yang sudah duluan beroperasi Razia masker ,Dan Protokol Kesehatan Covid -19.

Tim Penerapan Dan Penegakan Hukum protokol kesehatan pencegaan dan pengendalian COVID-19 kabupaten cirebon . Penerapan Sanki Ringan 26-30 Agustus 2020,Dan Penerapan Sanksi Sedang ( Sanksi Sosial ) 08-12 September 2020, dan Penerapan Sanksi Berat ( Denda Rp 100.000- Rp 400.000 ) 15-19 september 2020, untuk wilayah Kabupaten Cirebon.

‘’ Tim Robongan Direktur Pol PP Dan Linmas Bernhard E Rondonuwu bersama rombongan ,’’ Memberikan Secara Simbolis Masker Dan Hand sanitizer Kepada Satpol PP, dan Photo bersama satpol PP Jawa Barat Dan Satpol PP Jawa Tengah ,Tujuan dilakukanya kunjungan adalah , Polisi Pamong Praja merupakan salah satu perangkat daerah yang tergabung dalam satuan tugas Penanggulangan COVID-19 di daerah. Dimana tugas-tugas yang dilakukan seperti sosialisasi dan edukasi dalam dalam penerapan protokol kesehatan serta melakukan penegakan hukum bagi pelanggar protokol Kesehatan ,’’ terang Bernhard , dalam keterangan tertulis yang di terima Reporter Warta Hukum.Net, Kamis ( 17-9-2020 )

Ditambahkan, melihat dinamis dan semakin beratnya tugas yang diemban, Direktur Pol PP dan Linmas mencoba menginisiasi pengajuan pemerintah Masker dan han Sanitizer kepada, Melalui Deputi Bidang Logistik dan Peralatan untuk di serahakan kepada anggota satpol PP di daerah.

‘’ Hal itu untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan.Adapun daerah-daerah yang akan diberikan adalah Propinsi Jawa Barat ( Kabupaten Cirebon ), Provinsi Jawa Tengah ( Kabupaten Brebes , Kabupaten Tegal ,Kabupaten Pemalang ) Urai Bernhard .

Ia juga menjelaskan , Deputi Bidang Logistik dan Peralatan, Telah memberikan respon baik untuk pengajuan permintaan masker dan Hand Sanitizer dan bersedia untuk menyiapkan kebutuhan –kebutuhan sesuai dengan pengajuan pemerintah.

‘’Jadi kementrian Dalam Negeri , Menginisiasi pengajuan permintaan masker dan hand Sanitizer untuk diberikan Kepada Satpol PP kab/Kota di Provinsi Jabar,Jatengdan Jatim sebagai bentuk dukungan pelaksanaan tugas dalam penanganan COVID-19,’’ Pungkasnya (red)

Penulis : Reporter Warta Hukum ( As