KUNKER KE IMIP, WAGUB SULTENG SINGGUNG PERTUMBHAN EKONOMI DI MOROWALI

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Morowali : Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Baco Daeng Palabbi, melakukan kunjungan kerja di Kawasan Industri PT. Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Jumat (11/8). Kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan oleh orang nomor dua di Sulteng itu merupakan bagian dari monitoring dan evaluasi perkembangan investasi yang terjadi di daerah Morowali.

Dalam sambutannya, Rusli Baco Daeng Palabbi mengatakan, “Dampak ekonomi yang ditimbulkan yang sangat besar salah satunya keberadaan investasi di Kabupaten Morowali,”ucap politisi PAN Kembali mengatakan,” peluang usaha bagi masyarakat yang sangat terbuka lebar,dan dari hasil diskusi dengan Bupati Morowali, Taslim, disebutkan bahwa jumlah masyarakat Morowali yang bekerja di PT IMIP itu sekitar 5.000 orang. Sebagian besar tenaga kerja di PT IMIP berasal dari luar Morowali.

“Ternyata, masyarakat asli Morowali sudah jauh lebih bagus tingkat perekonomian mereka dibanding saudara-saudara mereka yang berasal dari luar Morowali. Mereka lebih memilih untuk mendirikan UMKM, membuka kos-kosan.

Sementara itu Bupati Taslim mengatakan,” bahwa mereka bukan tidak berminat, tapi mereka memanfaatkan peluang dengan banyaknya tenaga kerja yang bekerja di dalam PT IMIP

Rusli Baco Daeng Palabbi. menuturkan, “Dengan keberadaan investasi yang ada di Morowali, menjadi hal yang sangat penting untuk bersama-sama memberikan jaminan keamanan berinvestasi di Morowali. Karena, kata Rusli Baco Daeng Palabbi, meskipun kita telah berupaya untuk menggaet investasi dari luar jika tak ada jaminan keamanan investasi, maka mustahil akan ada investasi di daerah itu.

“Melalui ini, saya ingin menyampaikan bahwa yang terpenting juga adalah masalah keselamatan tenaga kerja kita. Ini butuh peran penting kita bersama. Kemudian, menyangkut masalah pendapatan mereka. Jangan sampai bertentangan dengan peraturan pemerintah.

Oleh karena itu, jika hal ini bisa kita duduk bersama-sama tentu tidak ada persoalan-persoalan yang akan timbul di dalam kawasan PT IMIP,” jelasnya.
Dalam sambutannya juga, Rusli Baco Daeng Palabbi memberikan catatan khusus terhadap ketatnya protokol Covid-19 di kawasan industri PT IMIP. Ia menyebut, protokol Covid-19 yang dijalankan di dalam kawasan industri PT IMIP sangat baik sekali.

Di waktu yang sama, SVP PT IMIP-Slamet V Panggabean mengatakan, kunjungan yang dilakukan oleh Wagub Sulteng ini, diharapkan mampu memberikan solusi atas beberapa masalah yang dialami oleh perusahaan. Salah satunya adalah problem sempitnya akses jalan Trans-Sulawesi yang sampai hari ini selalu dikeluhkan oleh masyarakat dan karyawan.

“Di sini juga mungkin kami butuhkan peran pemerintah untuk mengaturnya. Hal ini sebenarnya, sudah sering dikeluhkan oleh masyarakat dan karyawan. Bagaimana supaya jalan itu bisa diperlebar,” kata Slamet V Panggabean.

Dalam kunjungannya, Rusli Baco Daeng Palabbi, juga membawa rombongan yang terdiri dari, perwakilan Dinas ESDM Sulteng, Dinas Nakertrans Sulteng, dan Dinas PUPR Sulteng.
(dian)