Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Pengurus Cabang AIPI Lampung Periode 2020- 2024.

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Bandar Lampung : RADARNEWS.CO.ID, ( Kamis, 09/09/2020). Acara pelantikan dan pengambilan sumpah pengurus AIPI ( Asosiasi Ilmu Politik Indonesia) cabang Lampung, yang diadakan digedung PUSIBAN Provinsi Lampung dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Lampung Hj. Chusnunia, Ketua AIPI Cabang Lampung Agus Mardihatono, Seluruh Pengurus Cabang AIPI Lampung, serta Para anggota AIPI.

Acara ini di buka dengan pembacaan susunan kepengurusan AIPI Cabang Lampung masa bakti 2020- 2024, berdasarkan SK Ketua Umum PP AIPI nomor: 035/SK/PC AIPI/ VI/2020.
Setelah selesai pembacaan kepengurusan dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah kepada 58 anggota kepengurusan AIPI yang baru.

Ketua AIPI Cabang Lampung Bapak Agus Mardihartono dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa acara ini dimaksudkan agar seluruh Pengurus AIPI bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan tujuan awal, politik yang bersih, jujur dan jauh dari unsur Money Politik. Dan juga PILKADA yang sehat dengan harapan Bandar Lampung bisa menjadi kota yang jauh lebih baik lagi.
Beliau juga menjabarkan tentang sejarah AIPI yang berusia 35 tahun sistem kepengurusan AIPI, serta beberapa komisi dalam tubuh AIPI.
AIPI yang beranggotakan sarjana atau ahli politik dan terdiri dari 4 bidang ilmu yakni ilmu politik, ilmu pemerintahan, ilmu administrasi negara dan ilmu hubungan internasional.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari AIPI kepada Wagub, dan dari Wagub menyerahkan Siger secara simbolik kepada 58 anggota AIPI yang baru.

Wakil ketua umum Gunawan Suswantoro pengurus pusat AIPI juga memberikan sambutan, beliau menyampaikan dalam sambutannya tentang organisasi AIPI yang berdiri pada tanggal 17 Januari 1985, di Jakarta oleh almarhum Dr. Alfian, almarhum prof. Dr. (HC) Miriam Budiarjodan sejumlah ilmuwan politik lainnya. AIPI merupakan organisasi profesi keilmuan bidang politik yang dibentuk untuk mengembangkan ilmu politik di Indonesia melalui berbagai kegiatan ilmiah yang dilakukannya.

Hingga saat ini, AIPI sudah mengalami beberapa kali masa kepengurusan. Semua ketua umum AIPI mengalami masa dua periode kepemimpinan. Saat ini AIPI dipimpin oleh Dr. Alfitra Salam, APU. Seperti yang kita ketahui Dr. Alfitra Salam, APU. Saat ini menakhodai AIPI untuk periode kedua. Periode pertama kepemimpinan beliau tahun 2015- 2019 dan periode kedua tahun 2019- 2023.

Sampai dengan saat ini pengurus cabang AIPI tersebar di kota kota besar di Indonesia. Di periode kedua ini beliau dipercayai untuk duduk sebagai ketua II pengurus pusat AIPI.

“Saya berharap kepada kepengurusan baru AIPI Cabang Lampung untuk dapat menunjukkan eksistensi dan kontribusinya dan juga permasalahan internal yang harus sama sama dibenahi” pungkas beliau
Penulis: AMELIA HAMZAH