KODIM WUJUDKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI DAN SEJAHTERA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Wonosobo : Senin (07-09-2020) Dengan menggandeng Dinas Sosial, Dinas Pariwisata dan Dinas Kesehatan, Kodim 0707 Wonosobo memberikan pembinaan dan pengarahan kepada Desa Igirmranak Kejajar untuk kemandirian dan kesejahteraan masyarakatnya.

Pendampingan dari Kodim ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan program TMMD beberapa bulan yang lalu. Tema acara ini adalah “Peran TNI wujudkan Pemberdayaan Masyarakat yang Mandiri dan sejahtera”.

Kapten Arm Soepriyanto Danramil 05/Kejajar yang mewakili Komandan Kodim menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program TMMD Sengkuyung Tahap I tahun 2020.

“Program pendampingan kali ini adalah pengolahan limbah sampah, agar program ini berjalan sesuai dengan harapan maka Kodim melaksanakan pendampingan,” ujar Danramil.

Mengapa Desa Igirmranak dipilih menjadi pilot proyek pendampingan? Lebih lanjut Danramil menerangkan.

“Desa ini mempunyai potensi yang luar biasa, mulai dari kondisi tanah yang subur, alamnya yang sangat indah, dukungan pemerintah desa dan respin masyarakat yang sangat baik untuk diajak maju bersama sama. Jika itu semua diolah maka akan membawa kesejahteraan yang luar biasa bagi masyarakatnya. Potensi itu jika dipadukan sangatlah luar biasa,” paparnya.

Keindahan alam merupakan potensi untuk memajukan kegiatan pariwisata. Dalam pariwisata ini perlu didukung oleh komponen lain agar para wisatawan betah dan mau datang lagi. Itu mulai dari kebersihan lingkungan,keramahan masyarakat menyambut tamu, kesiapan sarana dan prasarana dan yang tak kalah penting adalah adanya cindera mata atau oleh oleh yang bisa dibawa pulang.

Dalam pengarahannya juga Kodim menghimbau kepada masyarakat Igirmranak untuk menjaga kebersihan terutama kandang ternak. Kotoran dari hewan ternak bisa diolah menjadi kompos. Dari kompos digunakan sebagai pupuk  tanaman yang ada saat ini seperti stroberi, kentang dan sayuran lainnya. Sehingga bisa menghemat biaya perawatan.

Retno Eko SN dari Dinas Sosial mengucapkan terima kasih kepada Kodim yang telah memberikan pendampingan setelah kegiatan dari TMMD. Itulah harapan dari Pemerintah adanya kesinambungan dari sebuah program yang telah dilaksanakan sehingga membawa manfaat yang lebih maksimal.

“Kami berharap kepada masyarakat untuk bimbingan dan arahan dari Kodim ini agar betul betul dipahami dan dilaksanakan. Sebab tidak semua desa mendapat pendampingan seperti ini,” Ungkap Retno.

Herni dari Puskesmas Kejajar menyampaikan tentang pentingya Perilaku Hidup bersih dan sehat. Menciptakan desa wisata itu adalah dimana masyarakatnya harus sehat terlebih dahulu. Agar bisa sehat maka desa harus bersih. Baik dari sampah rumah tangga, tidak BAB sembarangan dan sebagainya. Dalam memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan memelihara dan meningkatkan kesehatannya, maka akan mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat.

Perwakilan dari Pariwisata Edi Susanto sangat mendukung desa Igirmranak menjadi desa wisata.  Karena sangat cocok untuk dijadikan desa tujuan wisata, hal ini disebabkan sudah mempunyai keindahan alam yang tidak dimiliki daerah lain.  Masyarakat hanya tinggal mengolah, menyiapkan semua sarana dan prasarana yang ada.

Joko Trisadono selaku Kades Igirmranak mengucapkan puji syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada Kodim 0707/Wonosobo yang telah menyelenggarakan acara Bakti Sosial Pemberdayaan Masyarakat di desanya.

“Ini merupakan anugerah yang luar biasa. Dimana semua komponen pemerintah hadir memberikan dukungan.  Semoga dukungan ini terus berlanjut, sebab tanpa dukungan dari pemerintah daerah hasil yang diperoleh tidak maksimal. Kami bersama masyarakat akan berupaya semaksimal mungkin sehingga apa yang telah diupayakan oleh Kodim bisa sukses sesuai harapan semua,” imbuh Kades. (“Etik”)