DOSEN UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI MELAKUKAN TRIDARMA DI DESA PAREREJA SECARA BERSAMA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Brebes : Parereja Senin (07/09/2020) Empat Dosen Universitas Muhadi Setiabudi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara bersamaan di Desa Parereja, Kecamatan Banjarharjo2 Kabupaten Brebes sebagai bentuk TriDarma Dosen.

Dosen yang melakukan pengabdian masyarakat diantaranya adalah Dumadi,S.Mn.MM sebagai ketua kegiatan dan tiga anggotanya, Slamet Bambang Riono, MM, Syarieful Ikhwan, S.T.,M.M dan Farhan Saefudin Wahid,M.Pd.

Bertema “Tata kelola keuangan pengrajin batik dan strategi pemasaran dimasa pandemi covid 19 yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK pengrajin batik Desa Parereja diketuai oleh Winengsih istri kepala Desa Parereja dengan antusias.

Sementara itu Dumadi dalam menyampaikan materi menyampaikan pembukuan atau pencatatan keuangan pengrajin batik sangatlah penting, hal ini untuk mengetahui apakah usaha yang sedang dijalankan ini mengalami keuntungan atau rugi, dengan tata kelola keuangan yang baik maka diperlukan alur akuntansi yang benar.
Secara teori untuk mendapatkan hasil usaha yang baik dan berkembang dibutuhkan tata kelola keuangan yang baik pula.

Sebagaimana disampaikan oleh Andriani dalam penelitiannya bahwa untuk terciptanya sektor UMKM dengan pengelolaan keuangan yang baik, profesional dan berdaya saing, maka diperlukan unsur “keharusan” dalam implementasi pencatatan dan pelaporan selain itu diperlukan adanya dukungan dan perhatian dalam bentuk pengawasan dan pendampingan terhadap implementasi pencatatan akuntansi berbasis SAK ETAP pada UMKM dalam hal ini tentunya pengawasan dari stakeholder. ( L.Andriani, A.T.Atmaja, and N.K. Sinarwati(2014)).

Menurut Sels, Kinerja bisnis merupakan fungsi hasil – hasil kegiatan yang ada dalam suatu perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern dalam mencapai tujuan yang ditetapkan selama periode waktu tertentu. Kinerja bisnis dapat ditunjukan melalui kinerja keungannya yang mencakup tingkat pertumbuhan ,return on sales, Net profit dan gross profit. secara lebih detail kinerja bisnis dan aspek kinerja keuangan dapat diukur melalui tingkat likuiditas,solvabilitas dan profitabilitas (A.Nuvrisari, (2015)).

Semua transaksi mulai dari proses pembelian bahan baku, proses produksi, pengemasan barang jadi harus tercatat dalam pembukuan yang benar, kata dumadi

Secara bergantian Syarieful Ikhwan, S.T.,M.M dan Slamet Bambang Riono, MM bergantian memberikan materi motivasi kewirausahaan dan pemasaran produk pada kegiatan 27rsebut,Jelas dumadi. (whn)