Unit Diyaksa Polres Wonosobo Bersama Dishub Wonosobo dan Binamarga Lakukan Pemasangan Banner Imbauan Tertib Berlalu Lintas

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Wonosobo : Guna mengurangi terjadinya kecelakaan lalulintas di jalur Black Sport, Satlantas Polres Wonosobo bersinergi dengan Dishub Wonosobo dan Binamarga melakukan pemasangan banner himbauan kepada penguna jalan di jalan raya Kalikajar turut Dusun Ngasinan – Desa Serang Kecamatan Kalikajar. Jumat (04/09).

Disamppaikan Kasatlantas Polres Wonosobo. AKP Harman Rumenegge Sitorus S.I.K, melalui Kanit Dikyasa Iptu Bambang bahwa Satlantas Polres Wonosobo beserta Dishub dan Binamarga melakukan pemasangan banner himbauan di jalan raya Kertek – Kalikajar yang masuk kategori Black Sport.

“Kegiatan yang dilakukan adalah bentuk rekayasa bagian dari upaya kami untuk melakukan tindakan antispasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalur Black Sport turut Dusun Ngasinan – Desa Serang Kecamatan Kalikajar,” ujar Bambang.

Menurut Kanit Diyaksa Satlantas Polres Wonosobo, Black sport dilihat dari tolak ukur kejadian kecelakaan. Dari data kecelakaan di jalur Black Sport tersebut mencapai 30 poin, terhitung ada 5 kali terjadi lakalantas yang mengakibatkan 10 orang meninggal dunia, 3 luka berat dan 1 luka ringan sehingga jalur tersebut pada radius 500 meter dan penggal jalan 500 meter dikategorikan atau ditentukan sebagai jalur Black Sport.

“Selain itu di ruas jalan tersebut berdekatan dengan pemukiman penduduk, dan salah satu sering terjadi kecelakaan di tempat tersebut menimpa kepada penyeberang jalan. Di Kabupaten Wonosobo hanya di daerah Kalikajar saja yang masuk kategori Black Sport dan belum ada ditempat lain. Sedangakan dibeberapa tempat hanya masuk kategori rawan laka,” jelasnya.

Lebih lanjut, Penyebab kecelakaan ada 3 hal yaitu faktor manusia, kendaraan dan faktor sarana prasarana jalan termasuk cuaca. faktor manusia adalah mengantuk, kecapaian, kurang berhati-hati dan tidak mematuhi aturan lalulintas. faktor sarana prasarana jalan adalah jalan berlobang, jalan lurus dan bergelombang juga sempit. Banyak hal yang harus dikerjakan terkait fasilitas di jalan tersebut seperti lampu penerang jalan dan lainya.

Kanit Diyaksa Satlantas Polres Wonosobo menghimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati dalam berkendara, jangan kebut-kebutan dan patuhilah peraturan lalulintas. Karena pada indikasi terjadinya lakalantas hampir rata-rata disebabkan oleh pelanggaran lalulintas,” pungkas Iptu Bambang. (BL-79).