“DPD LSM GIBAS’’ Jateng Laskar Diponegero Gelar Rakorda Dan Rakerda ( Reshuffle Pengurus DPD ) Di Tengah Pandemi COVID-19

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Kendal : Minggu Tanggal ( 30-8-2020 ) Pukul 11.00 WIB. Reporter Agus Salim S.Kom. Puluan Kader lembaga swadaya Masyarakat (LSM) Kendal Propinsi Jawa Tenggah mengikuti Rapat Kerja Daerah ( Rakerda ) yang di gelar di Kantor Sekretariat Daerah DPD JIBAS jateng, Jalan Letjend Suprapto No.57,Perum D’Orchid River Park Blok B No. 4-5, Brangsong , kecamatan Brangson , Minggu (30-8-2020)

‘’Ketua DPD GIBAS Jateng, Rochgiyanto Mengatakan, sesuai arahan Ketua Gugus Tugas Covid -19, sesuai protokol kesehatan Pemerintah pusat, para tamu undangan yang hadir dihimbau Aplikasi M3 (Mencuci Tangan, Memakai Masker,Menjaga Jarak ) di karenakan Virus Covid -19- Corona, untuk mencegah penularan Virus Covid-19,’’Jelas Rochgiyanto.
“ Rakerda yang digelar sekitar pukul 11 .00 WIB itu merupakan kali pertama kali dimana pada tanggal ( 30-8 -2020 ) silam Rakerda di Gelar di kendal, rencanaya Rakerda tersebut akan berlangsung hingga sore.

Tidak hanya di hadiri oleh perwakilan dari Pimpinan Cabang (DPC) LSM GIBAS Laskar Diponegoro dari berbagai Daerah di Jateng ,yaitu dari Kota-kota di jawa tengah, Pembukaan Rakorda Dan Rakerda LSM GIBAS Lanskar Diponegoro Tersebut langsung di buka oleh pelaksana Tugas Panitia Agung Sasongko Propinsi Jawa Tengah

“Saya berharap LSM GIBAS laskar Diponegoro,bisa berperan untuk menjadi pemantau aparatur pemerintah untuk membangun kemajuan bangsa, Khususnya propinsi Jawa Tengah, Karena pemerintah tidak dapat berjalan sendiri tanpa LSM. Kita Pemerintah tidak tertutup dan siap mendapatakan Kritikan dari semua pihak termasuk dari LSM, Karena kita yakin , Kritikan yang positif dan membangun tujuanya untuk peningkatan dan pembaharuan demi kemajuan daerah kita, ‘’saat menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan Rakorda dan Rakerda LSM GIBAS laskar Diponegoro Jawa tenggah,Minggu (30-8-2020 ) Siang.

Sementara Kepala DPD LSM GIBAS Laskar Diponegoro Propinsi Jateng, Rochgiyanto menuturkan sebagai LSM GIBAS yang bertugas sebagai pemantau Kinerja aparatur negara di Propinsi Jateng ,pihaknya tidak akan bosan-bosan untuk memberikan pengawasan dan kontrol terhadap berjalanya roda pemerintahan. Serta menggandeng pihak-pihak terkait dari intansi Kejaksaan,Polri dan TNI sebagai mitra.

‘’Kita selalu berkoordinasi dengan penegak hukum setiap kali akan mengadakan kegiatan , karena kita ingin semua berjalan sesuai dengan aturan , supaya daerah kita ini selalu aman dan kondusif ,’’ tutur’’ Rochgiyanto.

Sementara itu, terkait Rakorda dan Rakerda ini, Ketua Umum DPD LSM GIBAS Laskar Diponegoro, menegaskan jika pihaknya akan fokus membahas Internal organisasi mereka dengan harapan organisasi ini memiliki sistem kelembagaan yang baik dan mumpuni.

“Dalam Rakorda dan Rakerda ini, kita akan membahas langkah –langkah apa yang akan kita ambil kedepanya untuk membangun eksitensi agar mampu menjalankan tupoksi kita masing-masing,’’ Tegas Rochgiyanto.
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jateng, Lembaga Swadaya Masyakat (LSM) propinsi Jateng Rakorda dan Rakerda yang menghadirkan perwakilan Dari DPC.

Pembukaan Rakorda dan Rakerda LSM GIBAS laskar Diponegoro Jateng , Minggu (30-8-2020 ) di Kantor Sekretariat DPC GIBAS jateng, selain dihadiri Puluhan Pengurus DPD dan DPC Jateng hadir pula Perwakilan Masing-masing DPC .

Ketua panitia 1 Agung Sasongko melalui laporanya,mengatakan LSM GIBAS, akan hadir membawa jati diri sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap penyelenggara negara khususnya dalam memerangi tindak pidana korupsi.

Meskipun kata Ketua DPD GIBAS Jateng , LSM GIBAS Jateng Masih minim dari aspek Sumber Daya Manusia maupun Sumber daya keuangan, namun hal itu tidaklah menyurutkan langkah gerak dalam melakuakan pengawasan dan pencegahan terjadinya Tindak Pidana Korupsi.

Seperti juga pelaksanaan Rakorda dan Rakerda sumber meskipun dengan anggaran yang minim namun pengurus GIBAS Jateng baik-DPD maupun DPC se jateng, tetep solid dan semangat untuk melaksanakan Rakorda dan Rakerda Tersebut.

Kami warga GIBAS, adalah warga Negara Indonesia yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha ESA, Kami warga GIBAS, Menjujung tinggi niali-nilai Kemanusiaan dan moral serta penegakan Supremasi Hukum dan HAM, Kami warga GIBAS, senantiasa mendahulukan Kepentingan Masyarakat ,Bangsa dan Negara diatas kepentingan pribadi maupun golongan, Kmi warga GIBAS, senantiasa mendukung keberadaan Pemerintah yang sah dan Legimid Konstitusional serta akanmenantang dan menolak Primordialisme,Anarkisme,Separatisme, dan segala upaya yang dapat menurunkan Harkat Martabat Bangsa dan Negara, Kami Warga GIBAS, berkewajibpan ikut serta mewujudkan suasan kehidupan bermasyarakat ,berbangsa dan bernegara yang Kondusif, Aman tertip Dan Damai, Kami warga GIBAS,selalu Taat dan Patuh serta akan melaksanakan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, serta senantiasa menjungjung tinggi nama dan kehormatan Organisasi, Kami warga GIBAS, siap membela kejujuran ,Kebenaran dan Keadilan. Tutur Panglima GIBAS, Baron Wadoyo,

“Sementara itu , Dewan Pembina DPD GIBAS Jateng, Rochgiyanto melalui sambutanya , mengapresiasi seluruh pengurus DPD dan DPC GIBAS se- Jateng yang mampu melaksankan Raker,yah tidak semua LSM bisa melakukanya.

“Saya mengapresiasi seluruh LSM GIBAS baik DPD maupun DPC atas kerjasamanya sehingga dapat melaksanakan Raker hari ini , patut di ketahui bahwa tidak semua LSM dapat melaksanakan Raker sperti ini,’Ujar Rochgiyanto .

Menambahkan , untuk progres GIBAS ke depan ia berharap Jateng dan sekitranya tidak menonton pada gerakan Penindakan tetapi juga gerakan Penegahan Tindak Pidana Korupsi.

“ Apa yang telah dilakuakn oleh ‘GIBAS’ Wakil Ketua II Bidang Hukum dan Investifigasi ,Agus Salim S.kom, selama ini sudah cukup bagus, namun kedepan saya berharap ‘GIBAS ‘ tidak menonton pada gerakan penindakan, tetai juga gerakan pencengahan tindak pidan korupsi ,’’Harapanya.

Hal lain yang di sampaikan Rochgiyanto, yakin pentingnya pengawasan terhadap pengolahan dana desa ,agar pengelolaannya oleh Perangkat desa dapat berjalan dengan baik tanpa adanya tindakan korupsi.

“ Saat ini juga pengelolaan dana desa harus diawasi salah satu caranya adalah memberikan pemahaman kepada kepala desa tentang pengelolaan danaa desa, terutama dalam kaitan pencegahan terjadinya Tindak Pidana Korupsi oleh perangkat desa,’Pungkasnya.

WH: Reporter Agus Salim S.Kom.