Kasdim 0816/Sidoarjo Bekali Mahasiswa Unusida Dengan Materi Wasbang

WH Sidoarjo : Rabu (04/09/2019), Untuk menumbuhkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda khususnya Mahasiswa Unusida, Kepala Staf Kodim 0816/Sidoarjo Mayor Inf Alisun, S.Sos ini menjadi Moderator atau pemberi materi wawasan Kebangsaan dalam acara PKKMB di Gedung Universitas NU Sidoarjo.

Hadir pada acara tersebut Rektor UNUSIDA, Kapolresta ( diwakilkan), Presiden BEM, Pengurus BEM, Peserta Calon mahasiswa UNUSIDA.

Mayor Inf Alisun mewakili Komandan Kodim 0816/Sidoarjo menyampaikan pada amanahnya arti penting tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada mahasiswa/wi khususnya para generasi Muda di Unusida. Beliau juga mengajak kepada peserta untuk tetap bersemangat dalam bela negara supaya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini tetap berdiri dan tidak terpecah belah.

Materi wawasan kebangsaan yang diberikan berkaitan dengan ideologi Pancasila sebagai dasar negara falsafah berbangsa dan bernegara, narkoba, dan kenakalan remaja. Saat ini, lanjutnya, generasi muda sangat rentan terpengaruh oleh ajaran-ajaran yang merusak moral generasi bangsa.

“Sudah kewajiban bersama untuk menjaga generasi muda agar tidak terjerumus oleh paham-paham yang merusak moral dan pengaruh buruk narkoba,” ujarnya.

“Seperti kita lihat di pemberitaan media massa saat ini. Ideologi terlarang komunis atau semacamnya mulai marak di Indonesia. Mereka sepertinya ingin merusak bangsa kita yang besar begitu juga dengan peredaran gelap narkoba,” jelasnya.

“Kenapa Rasa Cinta Kepada NKRI itu perlu ditekankan bahkan mulai usia dini?, Karena generasi muda sebagai tumpuan dan harapan generasi penerus bangsa. Untuk menumbuhkan rasa kebangsaan, kalau tidak dari sekarang kapan lagi. Kerena bangsa ini bisa maju kalau generasinya mencintai kebudayaan, bangsa dan negaranya sendiri,” Tuturnya.

Disamping itu, Kita semua harus bisa menjaga kebersihan diri, lingkungan sekolah taat kepada Tuhan Yang Maha Esa dan patuh terhadap nasehat guru serta orang tua. tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme, jiwa karsa, rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta patriotisme bagi Kalangan pemuda.

“Dengan pemahaman wawasan kebangsaan, akan memancarkan kualitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman terhadap eksistensi suatu negara,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor Unusida juga menyampaikan tentang tanggapan dan harapannya sangat mengapresiasi TNI dengan rasa tanggung jawab turun langsung secara bersama-sama dalam kegiatan tersebut.

“Kami sangat bangga dimana dengan hadirnya Kasdim 0816/Sidoarjo dalam kegiatan ini, harapan kami supaya kedepan hal yang positif dan dapat ditingkatkan lagi agar pelaksanaan kegiatan upacara di sekolah kami dapat berjalan lebih hikmat dan baik serta bisa memberikan motifasi serta semangat baru kepada siswa/i kami melaksanakan upacara bendera,” ungkapnya. (Lyn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *