Kegiatan PAP Smear Dan Pemeriksaan Anggota Prolanis

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Bogor : Puskesmas Pasar Rebo yang berada di Desa Bojong Kecamatan Tenjo melaksanakan kegiatan pemeriksaan laboratorium untuk anggota prolanis dan juga pelayanan PAPSMEAR bekerja sama dengan BPJS berlokasi di Puskesmas Pasar Rebo, Papsmear adalah pemeriksaan mikroskopis sel yang diambil dari Serviks Uterus (Leher Rahim) yang dihadiri oleh DRG. Dian Sulastri Ketua Puskesmas Pasar Rebo, Dr. Tuniroh, Bidan Iis dan Masyarakat. 08/11/2018.

Kankerserviks adalah penyebab paling banyak keempat dari kematian terkait kanker di kalangan wanita di seluruh dunia. Cara terbaik untuk mendeteksi kanker serviks adalah dengan melakukan tes Papanicolaou biasa, atau PAP Smear.

PAP Smear adalah pemeriksaan yang dapat mendeteksi infeksi virus tertentu seperti human papillomavirus (HPV) yang diketahui menyebabkan kanker serviks. Pengobatan dini perubahan lesi pra kanker yang terdeteksi pada Pap smear dapat menghentikan kanker serviks sebelum berkembang sepenuhnya. Seorang wanita dapat memiliki kanker serviks dan tidak mengetahuinya karena dia mungkin tidak memiliki gejala apapun.

Kejadian kanker dan kematian akibat kanker serviks telah menurun secara signifikan selama bertahun-tahun karena pencegahan, skrining, dan deteksi dini oleh Pap smear. Hasil pemeriksaan Pap smear yang paling abnormal menunjukkan stadium awal penyakit dan perlu observasi oleh dokter.

Faktor risiko kanker serviks termasuk kondisi yang meningkatkan kemungkinan terinfeksi HPV serta faktor lainnya, seperti memiliki beberapa pasangan seksual (atau pasangan seksual memiliki banyak pasangan ), Memulai hubungan seksual sejak usia dini, Sistem kekebalan tubuh melemah, ada riwayat kanker sebelumnya dari saluran genital bawah, dan Merokok.

Cahya Wiguna perwakilan dari Operasional Laboratorium Klinik jasa Kabupaten Bogor mengungkapkan jika kegiatan ini berdasarkan list data dari BPJS kesehatan untuk para anggota senam Prolanis yang sudah terdaftar, serta untuk skrining Kanker Serviks dibuka pendaftaran secara umum untuk masyarakat khususnya yang sering berobat maupun cek up di Puskesmas Pasar Rebo.

Ia menambahkan jika program ini dilaksanakan setahun sekali dan untuk Puskesmas Pasar Rebo menjadi Agenda pelaksanaan yang pertama kalinya,” ujarnya “. (Galih Kabiro)