H. M. SANUSI (Plt) BUPATI MALANG MERESMIKAN GEDUNG BARU KANTOR PUSAT PDAM KAB. MALANG

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Malang Raya : Gedung baru kantor pusat PDAM Kabupaten Malang diresmikan Plt Bupati Malang, HM Sanusi dan dihadiri 100 anak yatim. Acara peresmian ini menjadi Tanda dari seluruh pekerjaan gedung ini selesai dan Kantor baru tiga lantai ini dapat digunakan.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan, pembangunan gedung ini dilakukan dua tahap. Pembangunan menggunakan anggaran mandiri PDAM Kabupaten Malang tahun 2017 dan 2018, dengan total Rp 10 miliar.
Syamsul menjelaskan, awalnya gedung kantor adalah kantor Dinas Penerangan Kabupaten Malang yang telah ditempati sejak tahun 2003. Kondisi bangunan masih kurang memadai untuk ditempati oleh 121 pegawai yang ada di Kantor Pusat.

Selain itu gedung ini merupakan pusat kegiatan yang dilakukan PDAM Kabupaten Malang. “Termasuk juga menyediakan fasilitas-fasilitas informasi pelanggan, layanan pengaduan dan pembayaran rekening udara, ujarnya.

Syamsul juga mengatakan, sebagai salah satu BUMD Pemkab Malang, PDAM mengemban tugas tidak ringan. Yakni memberikan layanan air minum untuk MEMILIH hak rakyat atas air minum. Dalam menjalankan tugas tersebut, PDAM dituntut agar tetap dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan harapan Masyarakat.

Untuk memenuhi akan hal tersebut, PDAM Kabupaten Malang telah melakukan,dari menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001, membangun infrastruktur, menerapkan manajemen sumber daya manusia, hingga membangun teknologi informasi terintegrasi.

“Kami terus melakukan inovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan masyarakat. Tahun 2006, PDAM Kabupaten Malang membangun teknologi informasi terintegrasi, ”ujarnya. Dia pun menyebutkan strategi membangun teknologi informasi terintegrasi, diantarannya dengan menerapkan SOPP, yaitu aplikasi pembayaran online, agar dapat memberikan biaya di seluruh Indonesia.

Lalu MMR, yaitu sistem pembacaan meteran udara online agar tagihan sesuai dengan pemakaian. Lakukan SMS Gateway, yaitu akses pengaduan melalui SMS center ke nomor 08113660000, dan Sistem Informasi Manajemen.

“Sistem informasi manajemen adalah proses untuk proses di kantor pusat,” ucapnya. Meliputi SIM-BAH, yaitu aplikasi proses Hibah Air Minum, e-Surat, yaitu aplikasi surat melalui smartphone.

Lalu ada juga e-Absensi, yaitu sistem online online, SIKOMPAK, yaitu sistem komputer, dan Web-GIS, yaitu sistem informasi geographyc berbasis Web. “Semuanya itu diberikan untuk meningkatkan layanan kepada Masyarakat, tegas Syamsul.

Selain Kantor baru, hari ini juga diresmikan kantor PDAM Unit Pagak. Dalam kegiatan itu juga, akan diberikan penghargaan kepada pegawai yang memiliki kinerja baik, serta meluncurkan aplikasi “E-Layanan PDAM Kabupaten Malang. (Kie)