Istighosah Dan Ikrar Bersama, PSU Sampang Tahun 2018 Harus Sukses

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Untuk menciptakan suasana yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang tanggal 27 Oktober 2018, maka pada hari Selasa (09/10/2018) bertempat di Pendopo Bupati Sampang, KPU, Pemerintah Daerah, Bawaskab serta Forkompinda Sampang menggelar acara Istighosah disertai dengan ikrar bersama para Paslon.
Acara tersebut dimulai sejak Jam 19.30 Wib dan yang hadir diantaranya para pasangan Paslon, Kapolres Sampang, (AKBP Budi Wardiman, SH, S.iK), Dandim 0828 (Letkol Inf CZI Ary Syahrial, SE), Kejaksaan Negeri (Joko Suharyanto, SH, MH), Ketua Bawaskab Sampang (Insyiatun, S.Pdi) juga komisioner, Ketua KPU Provinsi Jatim (Moh. Holil, SH, MH) dan ketua KPU Sampang (Samsul Muarif, SE) beserta komisioner, ketua PC NU Sampang (Iqrom Bhusiry), Forkompinda/Forkompincam serta Tim sukses masing-masing pasangan calon.

Ketua KPU Sampang dalam sambutannya mengatakan, “Istighosah Dan Ikrar bersama ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan KPU dalam rangka menuju di hari” H” pelaksanaan PSU Pilkada Sampang tanggal 27 Oktober 2018 dengan tujuan utamanya yaitu KPU Sampang berkeinginan menyatukan hati dan juga semata-mata untuk pembangunan bersama dalam menyukseskan PSU ini, semoga dengan istighosah yang kita gelar pada malam ini mendapatkan barokah dan berkah dari Allah SWT dan bisa menciptakan suasana dingin serta sejuk sehingga PSU berjalan dengan penuh damai diiringi kebahagiaan, tidak ada kekerasan, intimidasi dari hal-hal yang tidak kita inginkan dengan harapan utama kita bersama yaitu PSU Sampang harus sukses”, Kata Samsul Muarif, SE.

Selanjutnya Pj Bupati Sampang Drs. H. Jhonatan Judianto, SH, M.MT menyatukan, “Malam ini kita mengadakan 2 kegiatan sekaligus secara solidaritas yaitu Istighosah dan ikrar bersama, adapun melakukan istighosah karena kita sama-sama umat muslim yang bertawaqal kepada Allah SWT dengan berdzikir serta bersalawat, mudah-mudahan akan diberikan keberkahan dalam melaksakan pembangunan di Sampang.
Dengan adanya keputusan PSU ini, kita selaku masyarakat Sampang sedang di uji oleh Tuhan tentang bagaimana pembelajaran dan juga kematangan dalam berdemokrasi, ini merupakan sesuatu hal yang harus kita buktikan bahwa seluruh masyarakat Sampang telah siap dan matang untuk berdemokrasi, selain itu PSU sudah amar keputusan MK, sehingga kita sebagai warga yang baik harus mentaati dan menjalani serta melaksakan PSU sebaik-sebaiknya”, Ujar Beliau.

Kemudian Drs. H. EC Jonathan Judianto, SH, M.MT menambahkan, “Sebetulnya ada 6 aspek keberhasilan serta kesuksesan dalam pelaksanaan Pilkada antara lain Pasangan Calon (Paslon) itu sendiri, partai pengusung Paslon, penyelenggara pemilu (KPU, panwas dan DKPP), peran serta pemerintah, pemberitaan yang edukatif dari Media dan Pemilih itu sendiri.

Maka dapat kita simpulkan bahwa upaya untuk pemahaman tata cara pendidikan demokrasi kepada masyarakat sangatlah penting bagi kelancaran dan kesuksesan di dalam penyelanggaraan pemilu, sedangkan dengan diadakannya ikrar bersama dari ke 3 Paslon ini, maka saya akan pastikan dan menjamin bahwa PSU Tanggal 27 Oktober 2018 harus betul-betul sukses”, Imbuhnya.

“Daerah Sampang ini memang agak sedikit unik karena dilihat dari sejarah pemilu di Kabupaten Sampang ini mempunyai ciri khas serta inspiratif sehingga di KPU pusat ada istilah, kalau ingin menerapkan undang-undang pemilu, terlebih dahulu sebagai uji coba adalah Sampang, karena dari tahun ke tahun proses-proses pemilu di Sampang begitu luar biasa dan Alhamdulillah sampai saat ini proses perbaikan tersebut sedikit demi sedikit sudah ke tatanan-tatanan yang lebih baik, sehingga dengan adanya PSU ini kita bisa dapat membuktikan bahwa Kabupaten Sampang tidak lagi menjadi suatu stigma bermasalah, kita melakukan istighosah dan ikrar bersama tujuannya adalah membuktikan terhadap kita semuanya untuk berkomitmen bahwa dalam penyelenggaraan PSU akan melaksakan dengan baik dan berjalan sukses”, Kata Eko Sasmito, SH, MH selaku ketua KPU Provinsi Jawa Timur.

Setelah acara tersebut seluruh hadirin termasuk juga ketiga Paslon melakukan pembacaan Ikrar bersama dan acara selesai sekitar jam 22.00 Wib, diakhiri dengan foto bersama. #(Is-one)#