Polres Sampang Melaksakan Apel Gelar Pasukan (Operasi Mantap Brata Semeru 2018)

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Untuk meningkatkan keamanan menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), terlebih lagi dalam waktu dekat ini di Kabupaten Sampang akan diadakannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) , sehingga kedepannya menciptakan suasana Sampang yang tertib, aman dan kondusif, Maka pada Selasa (19/09/2018) sekitar jam 07.00 Wib, Polres Sampang mengadakan apel gelar pasukan “Operasi Mantap Brata Semeru 2018”.

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sampang (AKBP Budi Wardiman, SH, S.iK), dan dihadiri juga oleh Pj. Bupati Sampang (Drs Ec Jonathan Judianto, SH, M.MT), Dandim 0828 (Letkol Inf CZI Ary Syahrial, SE), Kepala Bakesbangpol (Rudy Setiadi, SH, MH), Kasat Pol PP (M Kusno Abdullah), Kepala BNPB (Anang Djunaidi), Kepala Dinas Perhubungan dan Forkompinda terkait lainnya.

Dalam sambutannya Kapolri yang dibacakan Kapolres Sampang menyatakan, “Dilaksanakannya Apel gelar pasukan operasi mantap Brata semeru 2018 dalam rangka pengamanan pemilu 2019 dan digelar ke seluruh jajaran dengan tujuan untuk mengetahui kesiapan personil baik sarana maupun prasarana sebelum diterjunkan untuk pelaksanaan pengamanan, dengan harapan pemilu 2019 berjalan dengan lancar aman dan damai.

Operasi Brata Semeru 2018 bertumpu kepada kepercayaan publik selaku pemegang kekuasaan tertinggi negara, hal ini diwujudkan dengan cara penegakan supremasi hukum, nilai-nilai hak asasi serta peningkatan pelayanan Masyarakat, sehingga bisa menyelenggarakan agenda demokrasi yang baik, aman, jujur dan adil dalam pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan Presiden dan wakil Presiden RI di Tahun 2019.

Pemilu 2019 memiliki kompensitas rawan keamanan karena Pileg dan Pilpres akan digelar secara serentak dengan ambang batas parlemen sebesar 4%, sehingga masing-masing parpol berusaha semaksimal mungkin untuk mendulang suara sebanyak-banyaknya dan oleh sebab itu Kamtibmas juga perlu dilakukan secara ekstra ketat, yang paling diperhatikan oleh Polri adalah pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu-isu Hoax yang dapat memecah belah integritas kesatuan bangsa serta konflik sosial.

Untuk itu Polri dibantu oleh unsur TNI serta steakholder terkait lainnya akan menggelar operasi mantap Brata 2018 yang akan dilaksanakan selama 397 hari terhitung mulai hari Kamis 20/09/2018 sampai 21/10/2019 di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 272.886 personil Polri untuk mengedepankan kegiatan secara prefentif dan persuasif secara proaktif”, Ujar Kapolres Sampang yang membacakan sambutan dari Kapolri (Jendral Tito Karnavian).

Setelah acara gelar apel pasukan selesai, pihak awak Media mewawancarai Pj.Bupati Sampang, Beliau mengungkapkan, “Digelarnya Apel ini digelar untuk menciptakan kesepahaman antara pemerintah daerah dengan aparat penegak hukum serta fungsi aktif diantara mereka untuk mengungkapkan segala persoalan-persoalan, sehingga adanya kesepakatan dalam memilah segi hukumnya antara administratif maupun pidana dan itu merupakan bagian dari kerjasamanya, kemaren kita sudah menadatangani kesepakatan kerjasama dengan semua unsur terkait aparat penegak hukum, mulai dari Bareskrim, KPK, kejaksaan dan Irjen Depdagri, dengan tujuan memberantas penyalahgunaan administratif tersebut dirancang karena ada sesuatu dibaliknya yang terindikasi mengarah ke hukum (pidana)”, Ungkap Drs EC Jonathan Judianto, SH, M.MT.

Menyinggung dengan Digelarnya operasi Mantap Brata Semeru 2018, Kapolres Sampang menyatakan,” Penekanan apel pasukan ini adalah mengundang dan mengajak kerjasama antar unsur elemen untuk bersinergi agar menunjang keberhasilan Pemilu 2019, diantaranya dari Polri, TNI, Pemerintahan Daerah, Tokoh Masyarakat, Media, itu kesemuanya mempunyai peran penting yang sama dengan harapan untuk mensukseskan Pemilu agar berjalan aman dan damai, kalau kesemuanya bekerja sama, Insya Allah saya yakin beehasil, sedangkan untuk keamanan PSU Pilkada sendiri, aparat keamanan akan kita turunkan sekitar 5.500 personil anggota Polri”, Ujar AKBP Budi Wardiman, SH, S.iK.

Kemudian Dandim 0828 Letkol Inf. CZI Ary Syahrial, SE menambahkan, “Kita selaku TNI akan selalu siap mendukung dengan apa yang dibutuhkan oleh kepolisian dalam rangka pengamanan operasi Mantap Brata Semeru 2018 ini akan kita bantu semaksimal mungkin, dan semua rencana-rencana yang dilaksanakan Polres, TNI siap membantu, karena TNI dan Polri itu mulai dulu memang saling bersinergi dengan tujuan menciptakan Kamtibmas, terutama menjaga NKRI agar tetap utuh dan tidak terpecah belah”, Imbuhnya.

Acara apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata itu sendiri berjalan dengan lancar dan selesai sekitar jam 08.00 Wib. # (Is-one)#