DANDIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK WASPADA TERHADAP BENCANA LONGSOR

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Wonosobo : Rabu (13-01-2021) Intensitas curah hujan dalam beberapa hari yang cukup tinggi, membuat bencana tanah longsor di beberapa titik di wilayah Wonosobo. Baik dalam skala kecil maupun besar. Longsor terjadi akibat struktur tanah yang tidak mampu menampung air hujan yang masuk kedalam tanah, ditambah lagi sebagian besar wilayah Wonosobo merupakan daerah perbukitan.

Pasi Ter Kodim Wonosobo, Kapten Inf. Iwan Nafarin mengatakan, bila telah terjadi bencana tanah longsor di beberapa wilayah di Wonosobo.

“Jalur alternatif Wonosobo-Magelang, Bukit Potorono Desa Ropoh Kecamatan Kepil, tanah setinggi 10 m, lebar 7 m, longsor menutup badan jalan. Di Desa Ngampel Selomerto terjadi longsor tebing setinggi 12 m, Longsor disertai pohon tumbang. Lokasi longsor dekat dengan salah satu rumah warga yaitu Darmuji, maka demi keamanan, penghuni rumah untuk sementara waktu diungsikan ke anaknya.

Di Dusun Pasuruhan Kulon Rt.15 Rw.05 Desa Pasuruhan Kecamatan Watumalang terjadi tanah longsor yang menimpa kandang kambing milik Wahyudin. Dengan kerugian kurang lebih 20 juta.
Di Dusun Kepirang RT.02 RW.02 Desa Dempel Kec. Kalibawang terjadi tanah longsor menimpa dinding rumah Munawir yang mengakibatkan dinding jebol. Dengan kerugian diperkirakan 5 juta.
Di Dusun Pudang, Desa Ngalian, Kecamatan Wadaslintang, terjadi tanah amblas panjang 25 m, kedalaman 10 m, mengakibatkan jalan rusak parah dan tidak bisa dilalui.
Tebing longsor setinggi 5 m, lebar 2m, menimpa rumah dan merusak tiang penyangga serta papan pagar dinding rumah Sobirin RT.03 RW.13 Kampung Ngedok Kelurahan Wonosobo Barat. Kerugian diperkirakan kurang lebih 5 juta.
Di Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran, tebing setinggi 17 m, panjang 60 m, longsor sehingga menutupi saluran irigrasi.
Di Dusun Kaliyoso, Desa Tegalombo terjadi juga tanah longsor. Tebing setinggi 7 m, lebar 15 m, longsor dan menutup akses jalan kampung,” jelas Pasi Ter.

Melihat begitu banyak peristiwa longsor yang ada di Wonosobo, Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat memerintahkan para Danramil untuk mengerahkan anggotanya melaksanakan karya bakti bersama masyarakat untuk membersihkan longsoran tersebut.

“Dalam pengerjaannya harap perhatikan faktor keamanan. Bisa saja saat pembersihan terjadi longsor susulan. Karena saat ini masih sering turun hujan, kita supaya waspada. Pantau wilayahnya masing masing. Ingatkan warga agar selalu memperhatikan tanda- tanda alam, sehingga apabila terjadi bencana korban bisa diminimalisir,” harap Dandim. (“styw”)

Tinggalkan Balasan