Haul Akbar KH. Adun Kosasih Yang ke-8 dan Bani Karimin Bertempat Depan Ponpes Darussalam Tangkolo Desa Kedungjeruk Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Kab. Karawang : Dalam rangka Haol Akbar KH. Adun Kosasih yang ke 8 Tahun 2020 dan Bani Karimin di hadiri ratusan jamaah, para santri, para alumi tokoh agama tokoh masyarakat dan para undangan bertempat di halaman Ponpes Darussalam dusun tangkolo desa kedungjeruk kecamatan cibuaya kabupaten karawang, Saptu siang (17/10/2020) mulai dari jam 08.30 Wib sampai selesai,

Penasehat. 1. H.Edi Junaedi Kepsek MI-Darussalam Tangkolo,2.KH. Qusoy Al-Ansori Pim. Ponpes Darussalam.3.KH. Romli Nurdin Pim. Ponpes Nurul Falah.3. H. Ahmad Apandi. S.Ag.MM. Kerua Yayasan,

Pembina Ust. H. Ahmaddudin Cikampek, Ketua Panitia Haol Akbar KH Adun Kosasih yang ke 8 tahun 2020 dan Bani Karimin H. Rakman Balon Kades Kedungjeruk,2021 mendatang, Wakil Ketua Ust. H.Udi Hasanudin,Pim. MT.Al-Hasaniyah Cimahi,Sekretaris Guru Ronin S.Pd. Bendahara Ust. Sulaeman Mustofa

Acara pembukaan oleh KH. Qusoy” Al-Ansori Pim. Ponpes Darussalam,
Assalamualaikum. Wr. Wb.Pertama-tama marilahkita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan kenikmatan kepada kita , khususnya ni’mat iman dan islam, kita dapat berkumpul di Ponpes Darussalam dalam rangka Haol mempeingati wafatnya guru kita KH..Adun Kosasih yang ke 8 tahun 2020 Dan Bani Karimin.

Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah berjuang menuntun, mendidik, dan membina kita dengan contoh dan keteladanan yang nyata, sehingga kita dapat menjalani kehidupan ini dengan penuh makna. Semoga salawat serta salam ini dilimpahkan pula kepada segenap keluarga, sahabat, serta para pengikut beliau hingga akhir zaman.

Tujuan Diadakannya Peringatan Haul
Peringatan haul ini diadakan karena adanya tujuan yang penting yaitu mengenang jasa dan hasil perjuangan guru kita yang telah mendidik para santri para alumi di Ponpes Darussalam ini, untuk dijadikan suri tauladan oleh generasi penerus.
Sementara, H. Ahmad Affandi. S.Ag.MM Kep. Yayasan Pengasuh Yayasan dalam sambutannya, Beliau menghimbau kepada para wali santri untuk segera menitipkan anak-anaknya kepada pengurus ponpes, untuk dididik dan ditempatkan dipondok ini. Tidak hanya itu Ust. Ahmad Fauzi juga mengajak kepada masyarakat untuk ikut berperan serta membangun dan membesarkan pesantren As-sa’adah melalui apapun yang dimilikinya, baik harta, benda, tenaga, pemikiran, maupun ilmunya.ucapnya,

Dalam sambutannya ucapan terima kasih kepada H. Rakman para Alumi tokoh Agama. Tokom masyarakat. Dan para donator,berkat kerja keras ketua panitia,bisa terlaksana dalam rangka Haol Akbar KH Adun Kosasih yang ke 8 tahun 2020 dan Bani Karimin, kami mengajak kepada para santri para alumi untuk senantiasa mengingat dan mendoakan Alm. Guru kita KH Adun Kosasih bin Saleh dan Bani Karimin yang telah berjasa membesarkan Ponpes Darussalam serta mendidik kita untuk menjadi penerus dimasa depan ucapnya

Kami ucapkan terima kasih kepada Ust. H. Ahmaddudin dari Cikampek Alumi KH Adun Kosasih, selaku Pembina dan penggerak kegiatan Haol Akbar yang akan mimpin Ratib, kami ucapan terima kasih juga dari Rombongan Bos Jagal Bos AEP. Terima kasih rombongan jamaah Majlis Ta’lim Al-Ikhlas Sukamanah Cikampek,Jamaah Al-Hikmah Sukamanah Cikampek,

Ucapan terima kasih kepada Jamaah Al-Hasanah Parakan Tirtamulya, yang telah membawa Tim Hadroh Barija 4 Al- Hasanah yang di Pimpin oleh Ustajah AAS, kami hanya Berdo’a hanya Allah yang membalasnya, Amin,

Ceramah Agama Siraman Rohani dalam rangka Haol Akbar KH Adun Kosasih dan Bani Karimi
Assalamualaikum Wr. WB. Kaum Muslimin Muslimat yang dimulyakan Allah SWT Puncak acara haul Akbar KH Adun Kosasih dan Bani Karimin diisi Tausiyah oleh penceramah, KH. Romli Nurdin Pim. Ponpes Nurul Falah Untuk berkenan memberikan siraman rohani , sekaligus kita tunggu juga, syafa’at-syafa’at beliau untuk masa depan Ponpes Darussalam yang lebih cerah, yang salah satunya melalui Almukarom KH Romli Nurdin Sebelumnya, kami haturkan ribuan terima kasih.

Dalam tausiyahnya menghimbau kepada para santri para Alumi para jamah Ponpe Darussalam beserta tokoh masyarakat tokoh agama yang hadir untuk senantiasa mengambil hikmah, bahwa Haul dilakukan sebagai pengingat sejarah agar penerusnya senantiasa menauladani jangan sampai tercerai berai apa lagi dalam kehidupan bermasyarakat.

Hadirin Walhadirot makna Haul secara detail baik secara arti bahasa maupun makna. Kegiatan haul dalam agama Islam, didasarkan pada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi r.a. Rasulullah saw. selalu berziarah ke makam para syuhada di bukit Uhud setiap tahun. Sesampainya di Uhud beliau memanjatkan doa sebagaimana dalam surat Al-Qur’an Surah ar-Ra’d ayat 24, Salamun ‘alaikum bima shabartum fani’ma uqba ad-daar (Keselamatan atasmu berkat kesabaranmu.

Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu). Hadist inilah yang menjadi dasar diperbolehkan peringatan haul atau sejenisnya. KH Romli Nurdin mengajak umat untuk ngaji secara syariat juga secara hakikat, sehingga tidak mudah menyalahkan orang lain.

Berbicara tentang pesantren. Dalam sistem pendidikan, pesantren menempati posisi yang tidak kalah penting dibanding dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Oleh sebab itu, di era otonomi pendidikan sekarang ini menghendaki pondok pesantren memainkan peranannya secara maksimal.

Dengan demikian pondok pesantren yang memiliki potensi besar dalam bidang pendidikan, keagamaan, dan sosial itu dapat ditingkatkan peran dan partisipasinya secara lebih aktif lagi, dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Di antara peranan pondok pesantren tersebut adalah sebagai agen perubahan sosial, agen pembangunan, dan pusat keunggulan. Oleh karena itu, pesantren pada era otonomi pendidikan seperti ini tidak hanya berfungsi sebagai lembaga tafaqquh fid dini, tetapi juga berfungsi sebagai lembaga kontrol sosial terhadap perubahan-perubahan nilai, budaya, dan norma sosial yang terjadi di masyarakat kita.

Peran dan fungsi ini dapat diwujudkan jika pesantren secara terus menerus mengembangkan diri, baik secara kelembagaan, kurikulum, metode, pendanaan, maupun dalam penyediaan prasarana dan sarana. Pengembangan itu dapat berlangsung secara serentak, tetapi harus tetap diperhatikan bahwa pengembangan SDM harus menjadi prioritas. Sebab, betapapun baiknya keseluruhan perangkat keras dan lunak suatu lembaga pendidikan, tetapi jika tidak didukung oleh SDM yang unggul, akan sulit dapat mencapai tujuan.
Hadirin hadirat yang kami mulyakan.

Akhirnya, saya menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Para Donatur Masyarakat Desa Kedungjeruk dan Sekitarnya yang dengan tulus ikhlas memberikan dukungan baik moril maupun materiil, baik tenaga maupun pikiran dan bekerjasama dengan sangat baik dalam proses pembangunan Ponpes Darussalam ini.Semoga amal ibadah dan jariah hadirin hadirat semua dibalas oleh Allah SWT. Amin.
Dan saya akan selalu berdo’a, semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat taufik, dan hidayahnya kepada mereka dan kita semua. Amin Ya Robbal ‘Alamin. Kurang dan lebihnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Terima kasih.Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamit Thoriq.Wassalamu’alaikum Wr. Wb (Rahmat.K).

Tinggalkan Balasan