Keluarga Ponpes Nurul Falah Dsn. Tangkolo Desa Kedungjeruk Kec. Cibuaya –Karawang Distribusikan Kurban 1 ekor Sapi dan 2 ekor Domba

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Kab. Karawang : Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020/ 1441 H.Pengasuh Popes Nurul Falah “KH.Romli Nurdin”Dusun Tangkolo RT.004/002 Desa Kedungjeruk Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang,melakukan qurban merupakan wujud peringatan Ibadah di Hari Raya Idul Adha ini merupakan Agenda tahunan, momen penting bagi umat muslim untuk memperkuat iman dan takwa kepda Allah SWT serta membangun semangat berbagi kepada sesama Di masa pandemi Covid-19 dan Adaptasi kebiasaan baru, ungkap Kh.Romli Nurdin kepada WH saptu (1/8/20)


Masih Kh.Romli Nurdin Pelaksanaan salat ‘Id. Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan ketentuan seputar perayaan Idul Adha 2020/1441H. Aturan tentunya mengutamakan protokol kesehatan demi mencegah virus corona. Tercantum dalam Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.Kab. Karawang Adaptasi kebiasaan baru,,sambungnya,

Dalam edaran disebutkan, salat Idul Adha bisa dilaksanakan di masjid, lapangan, atau ruangan Dengan menerapkankan aturan protocol kesehatan saat ibadah salat ‘Id, hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19.lebih lanjut,

Kegiatan Kurban di Ponpes Nurul Falah ini sudah menjdi agenda tahunan, namun untuk tahun ini,”kata Kh.Romli Nurdin” dari Keluarga Ponpes Nurul Falah, Kurban 1 ekor sapi di tambah 2 ekor domba dari H.Ayi Nawawi sareng Midin,

Berkurban saat Idul Adha dan hari Tasyriq hukumnya wajib bagi yang mampu, sesuai pendapat Imam Abu Hanifah. Sedangkan menurut Imam Malik dan Imam Al Syafi’i hukumnya sunnah muakkad atau sunnah yang dikuatkan.

Selain itu, berkurban juga bertujuan untuk menggembirakan kaum fakir pada hari raya Idul Adha. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Hajj yang berbunyi.
“Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.”
Kami atas nama Panitia Masjid Jami Al-Istiqomah,hanya bisa berdoa, Kepada Allah SWT.Segala puji bagi Allah atas segala nikmat dan karuniaNya. sholawat dan salam kita sanjungkan kepada nabi muhammad saw.

Kami dari panitia qurban 1441 H/2020 mengucapkan terimakasih yang tulus kepada para pequrban khususnya H.Embeh yang telah mempercayakan hewan qurbannya kepada kami. Semoga Allah swt menerima ibadah qurban bapak ibu sekalian dan membalasnya dengan pahala yang berlipat serta kebaikan dan keberkahan. Sambungnya,

Kami beserta Keluarga mengucapkan Alhamdulillah puji dan syukur kepada Allah SWT, yang telah begitu banyak memberikan kenikmatan, sehingga kita tidak mampu menghitungnya, karena itu sudah keharusan kita untuk memanfaatkan segala kenikmatan untuk mengabdi kepada-Nya .

Sebagaimana dimaklumi ibadah, salat Idul Adha dan kurban tidak bisa dilepaskan dari sejarah kehidupan Nabi Ibrahim AS, karenanya sebagai teladan para Nabi, termasuk Nabi Muhammad SAW, Nabi Ibrahim AS harus kita pahami untuk selanjutnya kita teladani dalam kehidupan sekarang “Idul Adha dalam Kondisi Pandemi Covid-19.”sambungnya,

Sesungguhnya ada tiga peristiwa penting yang tidak bisa lepas dari prosesi pelaksanaan Hari Raya Idul Adha. Ketiga peristiwa tersebut adalah ibadah, salat ‘Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, yang menjadi sejarah hari raya Idul Adha (hari Raya Kurban) itu sendiri.

Tahun ini kita menyambut Idul Adha dengan suka cita, banyak sekali peristiwa kelabu hadir sebelum datangnya hari besar ini. Bahkan bisa dibilang tragedinya sangat memilukan. Banyak orang merasakan suasana kelabu ini, bahkan kita semua yang ada di Indonesia.

Kondisi wabah Covid-19 yang sampai hari ini belum juga mereda, jangan sampai membuat umat Islam kehilangan kendali akal sehatnya. Semua yang terjadi di dunia tentu atas rencana dan ketentuan Sang Maha Kuasa. Karenanya umat Islam harus bijak dan senantiasa mengedepankan prasangka baik ,

Tentunya takdir Allah Swt, ini tidak boleh serta-merta menurunkan semangat spiritual kita sebagai umat Islam. Kita harus meyakini bahwa selalu ada hikmah besar yang terkandung dari setiap ketetapan yang diberikan oleh-Nya. Apa boleh buat pelaksanaan ibadah salat Idul Adha dan kurban dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19

Ibadah qurban bisa menjadi bukti kepekaan sosial masyarakat yang mampu secara ekonomi terhadap yang miskin. Qurban semakin memberikan kesadaran kepada kita, bahwa harta yang kita miliki bukanlah mutlak milik kita. Harta dan materi di dunia hanya titipan dari Allah Swt, yang di dalamnya terdapat hak orang lain.

Kenikmatan yang kita rasakan tidak akan berkurang sedikitpun ketika harus berbagi dengan orang lain melalui pembelian hewan qurban. Kita harus menyadari bahwa sesungguhnya hakikat memberi adalah menerima.

Ibadah qurban, merupakan bentuk ibadah ruhiyah yang memiliki aspek sosial yang sangat tinggi. Apabila ibadah-ibadah mahdhoh lainnya sulit diterjemahkan dalam kemanfaatan sosialnya, beda halnya dengan qurban. Ditinjau dalam sudut pandang ekonomi Islam, qurban menjadi salah satu sarana distribusi dimana konsep distribusi dimasukkan di dalamnya unsur keadilan dan pemerataan.

Pemenuhan kebutuhan fakir dan miskin menjadi pokok utama pendistribusian daging hewan qurban, sedangkan kerabat dan juga si pequrban tetap diperhatikan. Tingkat kepedulian antar sesama meningkat disebabkan interaksi sosial yang terjalin.

Prosesi penyembelihan, pengurusan, dan pembagian daging menjadi momen untuk saling berinteraksi sosial, dengan diakhiri pendistribusian kepada mereka yang berhak atas daging kurban tersebut.

Akhirnya dalam situasi seperti ini, kita diminta untuk memperbanyak sedekah, doa, istighfar, selawat, zikir, dan bacaan al-Qur’an. Kita semua berdoa semoga musibah ini segera berlalu dan situasi kembali normal .Pungkasnya Kh.Romli Nurdin”
Sementara” Bos Acim.Cs Panitia Kurban Ponpes Nurul Falah, ucapan terimaa kasih kepada Pengasuh./ Pemimpin Ponpes Nurul Falah beserta keluarganya, dan H.Ayi Nawawi besera Midun yang telah mempercayakan kepada saya untuk mendistribusikan daging kurban,untuk masyarakat dusun tangkolo dan jamah Masjid Jami Baetul Rohim,Untuk daging sapi sebanyak 150 orang dan untuk daging domba di bagikan ke para santri.

Kami atas nama Panitia Ponpes Nurul Falah,hanya bisa berdoa, Kepada Allah SWT.Segala puji bagi Allah atas segala nikmat dan karuniaNya. sholawat dan salam kita sanjungkan kepada nabi muhammad saw.

Kami dari panitia qurban 2020/1441 H mengucapkan terimakasih yang tulus kepada para pequrban khususnya Keluarga Besar Ponpes Nurul Falah yang telah mempercayakan hewan qurbannya kepada kami. Semoga Allah swt menerima ibadah qurban bapak ibu sekalian dan membalasnya dengan pahala yang berlipat serta kebaikan dan keberkahan. Juga ada dalam lindungan Allah SWT,Sambungnya,

Kami atas nama Pnitia Kurban mengucapkan permohonan maaf yang tulus atas segenap kekurangan dan kekhilafan,semoga Allah SAW.memberikan kebarokahan kepada kita semua,pungkasnya, ( Rahmat.K)

Tinggalkan Balasan