Opening Semipro 2019 Memukau, Cerminkan Kultur Kota Probolinggo

WH Probolinggo : Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2019 resmi dibuka di depan Makodim 0820 Probolinggo, Sabtu yang lalu. Pembukaan Semipro ke 11 ini cukup memukau penonton. Dalam kegiatan, ditampilkan kolaborasi kesenian daerah yang mencerminkan Kota Probolinggo dari hasil yang dihimpun koreponden Warta Hukum di Probolinggo.

Tari Jaran Bodhag asli yang sudah dikolaborasikan dengan jaran bodhag kontemporer. TARI Jaran Bodhag menjadi salah satu warisan tak benda yang menjadi kekayaan Kota Probolinggo. Untuk kali pertama, tari ini diangkat dalam sebuah tari kolosal yang mengagumkan melalui Festival Jaran Bodhag.

Menariknya, dalam festival ini tidak hanya Tari Jaran Bodhag yang ditampilkan. Tari ini dikolaborasi dengan Tari Lengger dan hadrah sebagai kesenian yang kental dengan warga Kota Probolinggo.

Iringan musiknya juga memukau. Ada kenong telok yang menjadi ciri khas musik asli Kota Probolinggo dikolaborasikan dengan gamelan komplet, tabuhan terbang, hingga alat band agar lebih modern.

Tari Kiprah Lengger yang ditampilkan pelajar Kota Probolinggo, membawa warna baru bagi Kota Probolinggo.
Bukan hanya gerakan tarian dan iringan musik yang menawan, 215 pelajar se-Kota Probolinggo yang dilibatkan dan tampil dengan kostum warna-warni membuat kesenian Jaran Bodhag, Lengger, dan hadrah semakin menarik dinikmati.

Sehingga , masyarakat Kota Probolinggo dibuat bangga memiliki kesenian ini. Seperti yang disampaikan Ketua Panitia Semipro ke 11 Tahun 2019 Ir. Gogol Sudjarwo. Menurutnya, Semipro digelar sebagai bentuk komitmen Pemkot Probolinggo menggali dan mengembangkan potensi wisata Kota Probolinggo. Tema yang diangkat kali ini, Colorfull Probolinggo. Artinya, warna-warni budaya etnik lokal Kota Probolinggo yang mengesankan.

Asisten Pemerintahan Kota Probolinggo ini mengatakan, Semipro merupakan ajang kreativitas seni, budaya, dan memberdayakan ekonomi lokal. Sekaligus, menjadi ajang promosi bagi instansi pemerintah, lembaga pendidikan, serta stakeholder atau perusahaan. Dengan 32 jenis kegiatan, Semipro ini akan digelar mulai 31 Agustus sampai 7 September 2019.

Wali Kota Hadi Zainal Abidin saat memberikan sambutan. Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, S.Pd., M.M., M.HP, juga mengungkapkan rasa bangganya.

Semipro ke 11 Tahun 2019 dan ini merupakan Semipro perdana pada masa pemerintahannya bersama Wakilnya, Ir. H. Mochammad Soufis Subri.

Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin dan sejumlah undangan VIP di venue Festival Jaran Bodhag di depan Makodim 0820 Probolinggo.

Berkomitmen akan melanjutkan program yang sudah baik dan membenahi apa yang kurang dipemerintahan sebelumnya. Jaran Bodhag dan Tari Lengger adalah kesenian asli Kota Probolinggo.

Supaya tahu dan bangga memiliki kesenian yang indah ini. Kemudian, dipadupadankan dengan musik hadrah. Ini juga cerminan masyarakat Kota Probolinggo. Ada Jawa, Madura, Arab, Tionghoa, semuanya berbaur hidup rukun, bersaudara, dan damai di Kota Probolinggo sebagai modal kita membangun Kota Probolinggo yang lebih baik. Panitia dari Disbudpar Kota Probolinggo pose bersama usai acara.

Selain dihadiri Wali Kota bersama istrinya yang juga Ketua TP PKK Kota Probolinggo Hj. Aminah Hadi Zainal Abidin, tampak pula pejabat bersama para istri. Di antaranya, Wakil Wali Kota Probolinggo Ir. H. Michammad Soufis Subri; Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib; Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal; Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo; Kajari Martiul; dan Ketua PN Darwanto. (Rohim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *