Ekspedisi Desa Tangguh Bencana Tsunami 2019 Dengan Tema “Kita Jaga Alam Kita”

Spread the love

WH Banyuwangi : Di pantai Boom Marina Kelurahan Kampung Mandar Kec/Kab Banyuwangi yang juga salah satu wisata masyarakat osing telah berlangsung sosialisasi penguatan aparatur Desa menuju Desa tangguh bencana tsunami. Jumat 12/7/2019.

Acara yang di selenggarakan oleh BNPB, Hari pertama di hadiri sekitar 100 orang dengan narasumber dari BMKG, Badan Standarisasi Nasional,Kementrian Desa dan pelaksanaan ekspidisi disepanjang pesisir pulau Jawa mulai dari Propinsi Jawa Timur,DI Yogyakarta,Jawa Tengah, Jawa Barat dan Banten yang dibuka dan dilepas di Banyuwangi oleh Letjen TNI Doni Murnado (Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pada tanggal 12 sd 14 Juli 2019,dalam rangka Ekspidisi Desa tangguh bencana (DESTANA) tsunami dalam mewujudkan ketangguhan masyarakat menghadapi bencana dengan tema “Kita Jaga ALAM Kita”.

Dalam kegiatan hadir Bagus Haryo Wibowo (perwakilan BMKG),Pangarso Suryotomo (Kasubdit Peran Masyarakat BNPB), Danramil / Babinsa jajaran dim 0825, Kapols├Ęk/Babinkamtibmas jajaran Polres Banyuwangi, serta personil Destana BPBD dan Tim relawan seperti RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Wilayah Kab Banyuwangi. Sebagai narasumber sosialisasi Destana Perwakilan dari BMKG,Bagus Haryo Wibowo menjelaskan,”wilayah Indonesia sangat aktif gempa bumi dalam satu tahun terjadi berbagai magnitudo gempa diwilayah negara kita,”jelasnya.

“Aspek yang dinilai dalam sertefikasi meliputi pengetahuan umum bencana,mitigasi struktural(kebijakan pelatihan dan asuransi) dan tips merancang jalur tsunami, dahulukan evakuasi masyarakat kawasan pesisir, pasang rambu sepanjang jalur evakuasi, sesuaikan arah lalu lintas searah dengan arah evakuasi, tidak melintas sungai maupun jembatan, rencanakan beberapa jalur alternatif bagi perdaerah pemukiman, khusus daerah rendah,siapkan tempat kumpul aman sementara dan sosialisasikan,”kata Pangarso Suryatomo, (Kasubdit peran Masyarakat BNPB) sebagai narasumber pemberi materi.

Sementara di sisi lain Ketua umum RAPI (Radio Atar Penduduk Indonesia) wilayah Banyuwangi mitra BNPB dan BPBD, Priyono, SH.MM yang akrab di panggil Pak Oyong mengatakan,” sangat mengapresiasi dengan adanya Ekspidisi Destana yang melalui simulasi memghasilkan pentingnya senirgitas antar institusi lembaga, organisasi dan media dalam hal penanganan dini agar cepat teratasi kondusif di zona bencana alam. khususnya pada desa/kelurahan dan masyarakat umum yang terdampak bencana dalam hal ini RAPI bergerak dibidang komunikasi membantu mempercepat hubungan komunikasi perangkat radio pancar ulang (RPU) melalui satgas bencana,”ungkap Oyong kepada Media Warta Hukum.(Gufron)

adminwh