Release Silaturahmi Ramadhan Pemerintah Kabupaten Way Kanan Tahun 1440 Hijiriyah

WH Waykanan : (wartahukum.net)
Kp. Sri Basuki, Kec. Negeri Besar, 09 Mei 2019. Sambutan Tertulis Bupati Raden Adipati Surya sebagai makhluk sosial, manusia pada hakikatnya tidak mampu untuk hidup menyendiri, manusia memerlukan manusia lain sebagai penyeimbang dalam pemenuhan kebutuhannya, baik pemenuhan kebutuhan secara lahiriah, maupun kebutuhan secara batiniah.

Dalam agama kita, konsep tersebut lebih pupoler dikenal dengan sebutan hubungan silaturrahmi atau ukhuah islamiah. Dalam rangka pengimplementasian makna silaturrahmi itulah, maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan menempatkan dalam jiwa penyelenggara Pemerintah.

Salah satu bentuk dalam aplikasi membangun tali silaturrahmi itu adalah kegiatan Silaturahmi Ramadhan. Secara fungsional diharapkan akan menjadi salah satu perekat hubungan antara pemerintah dengan Masyarakat, secara substansial kegiatan Silaturahmi Ramadhan ini juga merupakan wadah penyampaian dan perolehan informasi pembangunan baik dari pemerintah kepada Masyarakat, maupun dari Masyarakat kepada Pemerintah.

Selain itu, interaksi yang intensif antara pemerintah dengan masyarakat juga diarahkan untuk lebih meningkatkan rasa sensitivitas pemerintah terhadap masyarakatnya, serta membangun nilai kebersamaan.

Kita semua berharap kehadiran bulan ramadhan akan mampu membentuk manusia-manusia yang kuat tidak hanya secara fisik saja, tapi juga mampu membentuk keperibadian yang tangguh dan tidak mudah putus asa.

Nilai inilah yang harus kita bangun saya yakin dengan ketangguhan itu, kita akan mampu mewujudkan cita-cita dan idealisme kita dalam mencapai kesejahtaraan yang hakiki.

Beberapa program dan kegiatan unggulan yang telah kita capai tahun 2019 ini antara lain :

1. Diresmikanya pengoperasian Bandara Gatot Subroto menjadi penerbangan sipil oleh Menteri Perhubungan RI pada Tanggal 06 April 2019.

2. Menerima penghargaan Adipura Katagori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada Tanggal 14 Januari 2019.

3. Berhasil menjadi Kabupaten yang 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligius menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 22 Maret 2019.

4. Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu mulai mengeliat dan terus ditingkatkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain Bank Indonesia.

Adapun pencapaian dan penghargaan lainnya yang sudah kita raih selama kurun waktu 3 (tiga) tahun antara lain adalah :

1. Penghargaan Dari Presiden Atas Raihan WTP Lebih Dari Lima Kali Berturut Turut. 21 September 2016,

2. Posisi 4 (empat) besar dalam lomba Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Lampung ke-45 yang diselenggarakan di Kabupaten Pesawaran,tahun sebelumnya Berada pada posisi juru kunci peringkat 15, 27 April 2017.

3. Mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ketujuh kalinya secara berturut-turut dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, 15 Juni 2017,

4. Berhasil meraih penghargaan paramesti dari menteri kesehatan Republik Indonesia, tersebut atas keberhasilan kepala daerah dibidang kesehatan dengan menetapkan peraturan tentang Kawasan Tanpa Rokok 12 Juli 2017,

5. Meraih penghargaan dari Dari kementerian pemberdayaan anak perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia atas keberhasilan dalam percepatan cakupan pemberian akta kelahiran anak tahun 2017 lebih dari 96 Persen, 22 Juli 2017.

6. Meraih penghargaan tim pengendalian inflasi daerah pendatang baru berprestasi Tahun 2016 Dari Bank Indonesia, 27 Juli 2017.

7. Penghargaan Dari Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia Sebagai Bupati Inisiator Kabupaten Layak anak.

8. Meraih penghargaan dari gubernur Lampung sebagai kabupaten dengan pencapaian kinerja penyalur Rastra terbaik Tahun 2017,

9. Peringkat Ke V Keterbukaan Informasi Publik Dari Komisi Informasi Provinsi Lampung,

10. Peringkat Pertama Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017,

11. Predikat Utama Puskesma Way Tuba Dari Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas Kementerian Kesehatan RI

12. Juara Ke-3 Lomba P3KSS tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017

13. Menerima Penghargaan Top Regent Of The Year 2017 dari Seven media dan The Key People Magazine bekerjasama Clock Research & Development serta Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kominfo, dan kementerian desa dan PDTT Republik Indonesia.

14. Saya selaku Bupati menerima penghargaan dari Deputi direksi BPJS wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung karena telah menjamin rakyatnya sejahtera melalui integrasi Jamkesda dalam program JKN-KIS dan mendukung percepatan cakupan semesta Tahun 2019.

15. Juara Harapan Pertama Lomba Masakan Serba Ikan tingkat Nasional.

16. Juara Pertama Lomba B2SA Tingkat Provinsi Lampung

17. Dianugerahi penghargaan lencana dharma bhakti dari kwartir Nasional Gerakan Pramuka Republik Indonesia.

18. Menerima penghargaan Tanda Jasa Bakti Koperasi Tahun 2018 Dari menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia

19. Menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN

20. Menerima Anugerah Pendidikan Indonesia
21. Peringkat Ketiga Lomba Kesrak PKK KB –Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2017

22. Penghargaan sebagai Kabupaten cukup peduli hak asasi manusia tahun 2016 dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI

23. Peringkat ke-2 Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-46 tahun 2018 yang diselenggarakan di kota Bandar Lampung. Alhamdulilah pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 ini, kita masih diposisi cukup baik berada nomor ke-3.

Sebelum saya akhiri sambutan ini, saya atas nama pribadi dan keluarga, maupun sebagai Bupati Way Kanan, mengucapkan “Marhabaan yaa Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa 1440 Hijiriyah, Mohon maaf lahir dan batin, kepada hadirin sekalian, dan juga seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan. (Rahmat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *