Kades Sukamaju Terapkan Program Bantuan Dana Desa Tahun 2019 Sesuai “RAB”, Warga Antusias Gotong Royong

Spread the love

WH Tasikmalaya : wartahukum.net
Penyerapan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 Tahap kesatu Desa Sukamaju Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa barat direalisasikan Sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB).

Adapun pengelokasiannya Mengedepankan Kebutuhan Dari Aspirasi Masyarakat yang telah Disepakati semua pihak Dalam Musyswarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang melibatkan tokoh masyarakat dan BPD.

Pada anggaran Dana desa tahap Kesatu ini pemerintahan desa (PEMDES) desa Sukamaju menerima anggaran senilai Rp. 235.811.800 yang dialokasikan di beberapa titik jenis kegiatan, diantaranya (1).

Pembangunan Lapang Poly Desa di Rt. 001/001 yang memiliki volume 15m x 24m dengan jumlah anggaran Rp 122.642.085, (2). Pembangunan jalan lingkungan sangulat babakan pari yang memiliki volume 700m x 1,2m x 0,10m dengan jumlah anggaran Rp 105.191.344, (3). Pemberian makanan tambahan untuk balita di 7 Posyandu dengan jumlah anggaran Rp 5.026.000, dan (4). Pembangunan PAUD Datarpeer yang memiliki volume 12m x 6m dengan jumlah anggaran Rp 2.952.371 yang akan dilanjutkan di anggaran berikutnya pada program dana desa tahap kedua.

Dari keempat jenis kegiatan tersebut, pemdes desa sukamaju mengerjakannya dengan maksimal dan tetap mengacu kepada juklak dan juknis yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Seperti yang dikatakan Kepala desa Sukamaju, Ade Supriatna Menjelaskan ”pengalokasian “DD” di kerjakan dengan berhatihati” termasuk dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, dirinya tak lelah berkoordinasi dengan semua perangkat desa demi tercapainya pembangunan yang optimal dan mendapatkan hasil yang maksimal agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan hal tersebut dilakukan demi menunjang perekonomian maupun meningkatkan sumber daya manusia. “Jelasnya kepada Warta Hukum beberapa hari lalu.

Menurut salahsatu warga yang pada saat itu ada di lokasi kegiatan mengatakan, “Selama kepemimpinan Ade Supriatna selaku kepala desa, Alhamdulillah pada setiap penerapan program yang diturunkan pemerintahan selalu dilaksanakan dengan baik dan sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat, sehingga selama berjalan tiga periode ini beliau menjabat, Alhamdulillah banyak perubahan-perubahan yang lebih baik dibanding sebelumnya, baik itu dalam hal pembangunan desa maupun dalam pelayanan terhadap Masyarakat, “Terangnya.

“Dalam setiap penerapan program yang diturunkan oleh pemerintah, beliau selalu melaksanakannya sesuai mekanisme juklak juknis yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan selalu berpedoman pada RAB untuk menjamin kwalitas, sehingga hasilnya pun sangat maksimal dan tahan lama, “Ujarnya. (Chefy)

adminwh