RSUD BREBES KINI HADIR DENGAN MRI 

Spread the love

WH Brebes : Untuk meningkatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan masyarakat di kabupaten brebes kini RSUD Kabupaten Brebes siapkan pelayanan MRI (Magnetic Resonance Imaging).

MRI adalah salah satu cara dokter memeriksa dan menghasilkan gambar organ, jaringan dan sistem rangka dengan resulusi tinggi, hal itu nantinya dapat membantu dokter mendiagnosis berbagai masalah seputar kesehatan anda.

Pemeriksaan MRI juga dapat digunakan sebagai salah satu penentu langkah pengobatan dan mengevaluasi efektivitas terapi.

MRI paling sering digunakan sebagai metode pencritaan otak dan saraf tulang belakang dan pada otak juga dapat dimanfaatkan untuk pertimbangan langkah operasi otak dengan melakukan identifikasi area bahasa dan kendali gerakan yang penting.

MRI yang dilakukan pada jantung atau pembuluh darah bertujuan untuk melihat beberapa hal,seperti ukuran dan fungsi pada ruang jantung, ketebalan dan gerakan dinding jantung serta tingkat kerusakan akibat serangan jantung atau penyakit jantung, selain itu MRI juga dapat digunakan untuk mendeteksi masalah struktural pada urat nadi seperti dinding pembuluh darah yang melemah atau sobek maupun radang dan penyumbatan pada pembuluh darah,Pada bagian tulang dan sendi MRI rupanya dapat membantu mengevaluasi kondisi seperti infeksi tulang,kelainan pada tulang belakang dan bantalan saraf tulang belakang, tumor pada tulang dan jaringan lunak seperti peradangan sendi.

Pada MRI dapat digunakan pada wanita yang beresiko tinggi terkena kanker payudara atau bagi mereka yang memiliki jaringan payudara yang padat, langkah ini efektif untuk memberikan informasi tambahan dalam mendeteksi keberadaan sel kanker payudara selain menggunakan mamografi.

Tidak seperti foto Rontgen dan CT scan,MRI tidak menggunakan radiasi sinar-X dalam prosesnya, seperti ibu hamil juga bisa menjalani MRI dan anda yang menjalani prosedur tersebut tidak akan merasa sakit,dan hingga kini belum ada bukti terhadap resiko dari medan magnet dan gelombang radio selama menggunakan MRI.

Di temui di tempat kerjanya kamis 8/5/19, Direktur RSUD Kabupaten Brebes, drg. OO SUPRANA  M.kes, menjelaskan bahwa untuk alat MRI (Magnetic Resonance Imaging) ini  bersumber dari Bantuan Gubernur Jawa Tengah (Ban Gub) Tahun 2018 kemaren dan untuk tempat berserta bangunanya dri RSUD  sendiri, jadi untuk pasien-pasien MRI yang dulu harus dirujuk ke luar Kota seperti ke Kota Cirebon, sekarang tidak lagi di karenakan di Brebes sendiri sudah ada,

Bukan hanya dari Brebes saja untuk pasien MRI, pasien-pasien dari Tegal , Selawi dan Pemalang juga sudah banyak yang dirujuk ke RSUD Kabupaten Brebes. Untuk penangananya juga dioprasikan  oleh tenaga ahli MRI (Magnetic Resonance Imaging ) sendiri. (Jroy)

adminwh