CYBER TROOPS TERUS PATROLI SELAMA 24 JAM DI DUNIA MAYA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Malang Raya : Semakin mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang tinggal menghitung hari, pihak kepolisian dari Polres Malang Kota rutin melakukan patroli. Tidak hanya berkeliling di beberapa tempat, patroli juga dilakukan di dunia maya. Total 25 anggota Cyber Troops siap berpatroli selama 24 jam untuk menjaga kondusifitas.

Kasubbag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni mengungkapkan, anggota Cyber Troops melihat berbagai postingan warga net, baik di facebook, twitter dan instagram. Kami melihat postingan-postingan yang meresahkan. Kami melakukan rekap sejak pagi hingga sore hari. Setiap hari, ada sekitar 10-15 link yang kami laporkan,terang dia kepada Wartahukum.net

Nantinya, apapun hasil postingan yang telah ditemukan, akan dilaporkan ke Polda Jawa Timur. Untuk tindak lanjut, kami serahkan kepada Polda. Apakah netizen yang memposting akan dimintai keterangan lebih lanjut atau tidak. Tidak menutup kemungkinan, juga akan dilaporkan ke Mabes Polri, tuturnya.

Hasil temuan sementara, sifatnya hanya konter opini. Kalau ada postingan yang misalnya meresahkan, akan dilakukan penindakan. Kami langsung mengumpulkan informasi tentang data orang tersebut. Langsung kami datangi rumahnya dan langsung berikan imbauan, tegas dia.

Selain itu, ia juga memberikan teguran dan juga memberikan pernyataan tertulis supaya perbuatan tersebut tidak diulang lagi. Kami juga akan terus pantau, apakah diulangi lagi atau tidak. Kalau diulangi, kami akan lakukan tindakan tegas dan dimintai keterangan lebih lanjut, tegas perempuan yang akrab disapa Uti ini.

Uti mencontohkan, seperti yang terjadi belum lama ini. Ada seorang ibu rumah tangga yang memposting berita yang berhubungan dengan politik dan masih belum tahu kebenarannya. Kami bertanya apa tujuannya. Ibunya bilang hanya iseng. Ia berjanji tidak akan melakukan lagi. Yang bersangkutan langsung tanda tangan di atas materai dan disaksikan dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, tutur dia

Sampai saat ini, pihaknya terus melakukan patroli, untuk menjaga kondusifitas Kota Malang di media sosial. Patroli tersebut akan terus dilakukan meski Pemilu 2019 sudah selesai. Supaya masyarakat berhati-hati menggunakan media sosial, tidak menyebar hoax apalagi menebar keresahan masyarakat. ini yang perlu kami antisipasi,tuturnya singkat. (Kie’)