PEMERINTAH DESA SOKO TINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
WH Tulungagung : Pemerintah Desa Soko Kecamatan Bandung bersama BPD telah menyelesaikan APBDES Tahun 2019  dengan mengembangkan anggaran untuk menyelenggarakan pemerintah dengan alokasi untuk pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. 
Program pemerintah melalui Dana Desa serta Alokasi Dana Desa yang langsung diterima oleh pemerintah desa terbukti sangat berhasil mendorong peningkatan pembangunan yang langsung bisa dirasakan masyarakat.Bukan hanya pembangunan Infrastruktur saja, namun peningkatan pemberdayaan masyarakat juga dilakukan. Pemerintah Desa Soko kecamatan Bandung juga tidak ketinggalan meningkatkan pembangunannya.
Pembangunan Infrastruktur masih menjadi prioritas utama dengan disertai kegiatan pemberdayaan masyarakat. Sesuai APBDES Tahun 2019 pendapatan yang diperoleh Pemerintah Desa Soko sebesar Rp1.432.581.412. Perolehan pendapatan tersebut berasal dari PAD sebesar Rp.195.439.000.

Sedangkan yang bersumber dari DD, ADD, PBH, dan BK sebesar Rp. 1.
236.316.412. Untuk tambahan dari pendapatan lain -lain sebesar Rp. 826.000. Keseluruhan dana tersebut digunakan untuk pembangunan Infrastruktur juga pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Menurut Hartini Purwaningsih selaku kepala Desa Soko saat di kantornya, mengungkapkan bahwa dengan adanya anggaran DD dan ADD tersebut, percepatan pembangunan di desanya bisa langsung dirasakan masyarakat.

“Kami sangat berharap dengan peningkatan pembangunan ini juga disertai peningkatan perekonomian masyarakat.Untuk kedepannya memang kami masih prioritaskan dalam hal pembangunan infrastruktur, namun demikian pemberdayaan masyarakat juga kami lebih tingkatkan” jelasnya. Kamis (14/03/2019).S

Selain itu , Kepala Desa Soko juga menambahkan bahwa pelaksanaan pembangunan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program DD dan ADD sampai saat ini tidak ada permasalahan, karena sudah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Penggunanaan anggaran tersebut meliputi untuk Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa . Bidang Pembangunan Desa.  Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa  dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa. 

Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa diantaranya Kegiatan penghasilan tetap dan tunjangan Kepala Desa Rp. 37.200.000. Kegiatan penghasilan tetap dan tunjangan Kepala desa dan perangkat desa sebesar Rp. 152.880.000 dan penyediaan jaminan sosial sebesar Rp. 6.613 .812. Penyediaan Tunjangan BPD  Rp. 69.347.600. 

Kegiatan operasional BPD Rp. 18.720.000 . Intesif/ operasional RT/RW  sebesar Rp. 25.200.000. Tunjang Kepala desa dan Perangkat dari tanah bengkok sebesar Rp. 158.480.000.

Kegiatan administrasi kependudukan, pencatatan sipil, dan kearsipan. Kegiatan tata praja pemerintahan, keuangan dan pelaporan. Kegiatan pelaksanaan pembangunan desa diantaranya di bidang pendidikan untuk penyelenggaran kegiatan  serta pembangunan PAUD/ TK , Pembangunan perpustakaan Desa, Bidang Kesehatan Penyelenggaraan, dan pelaksanaan Posyandu.

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa diantaranya Kegiatan Pembinaan keamanan dan ketertiban. Kegiatan Pemuda dan olah raga  serta Organisasi perempuan /PKK. Bidang Pemberdayaan masyarakat  diantaranya Kegiatan peningkatan usaha perikanan, pertanian dan peternakan. Pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan keluarga.

Pemerintah Desa Soko sangat berharap, dengan adanya peningkatan pembangunan juga akan berdampak positif dengan peningkatan perekonomian masyarakat.  (Lgeng)