PEMERINTAH DESA NGEPEH TINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTUKTUR

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
WH Tulungagung : Program Pemerintah melalui Dana Desa serta Alokasi Dana Desa yang langsung diterima oleh pemerintah Desa Ngepeh Kecamatan Bandung,  terbukti sangat berhasil mendorong peningkatan pembangunan yang langsung bisa dirasakan Masyarakat. Bukan hanya pembangunan Infrastruktur saja, namun peningkatan pemberdayaan masyarakat juga dilakukan.
Pembangunan Infrastruktur masih menjadi prioritas utama dengan disertai kegiatan pemberdayaan Masyarakat. Pada tahun 2018 Pemerintah Desa Ngepeh Kecamatan Bandung mendapatkan anggaran Dana Desa sebesar Rp. 900.197.000 serta Alokasi Dana sebesar Rp. 372.000.000 Keseluruhan dana tersebut digunakan untuk pembangunan Infrastruktur juga pelaksanaan kegiatan pemberdayaan Masyarakat.

Menurut  H. Asmudi selaku Kepala Desa Ngepeh  saat dikantornya mengungkapkan bahwa dengan adanya anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tersebut, percepatan pembangunan didesanya bisa langsung dirasakan Masyarakat.  “Kami sangat berharap dengan peningkatan pembangunan ini juga disertai peningkatan perekonomian Masyarakat. Untuk kedepannya memang kami masih prioritaskan dalam hal pembangunan infrastruktur, namun demikian pemberdayaan Masyarakat juga kami lebih tingkatkan” jelasnya. Kamis (7/3/2019).

Sementara itu Camat Bandung, Ali Sunhaji, S.Sos  menambahkan bahwa pelaksanaan pembangunan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui program DD dan ADD sampai saat ini berjalan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.  

Pelaksanaan Anggaran Dana Desa diantaranya dipergunakan untuk Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa dan Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp. 773.028.500 dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa sebesar Rp. 127.168.500. Anggaran Alokasi Dana Desa  di pergunakan untuk Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa sebesar Rp. 269.968.700. Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa sebesar Rp. 91.096.300. Bidang Pembinaan Masyarakat Desa sebesar Rp. 950.000. Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa sebesar Rp. 9.985.000.

Bidang Penyelengaraan Pemerintahan Desa dipergunakan diantaranya untuk penghasilan tetap dan tunjangan Kepala Desa dan perangkat Desa. Operasional perkantoran, Pengadaan Sarana, dan Prasarana Pemerintahan, Biaya BPJS Kesehatan, Operasional BPD, Operasional /Intensif Rt dan Rw, Penyelenggaran BBGRM.  

Bidang pelaksanaan pembangunan Desa diantaranya untuk Pembangunan Jalan Paving sebesar Rp. 286.962.800. Pembangunan Pelebaran Jalan Sawah sebesar Rp. 49.991.000. Pembangunan Jembatan sebesar Rp. 51.966 750. Pembangunan Saluran Irigasi Rp. 30.759.700. Pembangunan Normalisasi DAS sebesar Rp. 23.319.000. Pembangunan TPT di Dsn. Sanggar lingkungan Rt. 04, Rt. 02 dan Rt. 03 sebesar Rp. 302.461.250.

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk Peningkatan kapasitas tim pengelola APBDes pelatihan perencanaan, pelaksanaan, dan TPK. Penunjang prosedur perencanaan Musdes, Musrenbangdes, RPJMdes dan RKPDesa, Kegiatan Linmas, Pengelolaan  sistem informasi Desa, pemasaran hasil usaha serta pelatihan usaha ekonomi. Peningkatan kelompok usaha ekonomi Pertanian dan Peternakan.

Pemerintah Desa Ngepeh sangat berharap, dengan adanya peningkatan pembangunan juga akan berdampak positif dengan peningkatan perekonomian Masyarakat.(Lgeng)