MENTERI DESA PDTT APRESIASI SERAPAN DANA DESA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Malang Raya : Kunjungan ke Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jum’at(8/3/19), Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo menyampaikan beberapa kesuksesan Program Dana Desa.

Di hadapan seluruh Kepala desa se kabupaten Malang,beliau mengungkapkan beberapa kesuksesan program dana desa diantaranya, penyerapan dana desa sebesar 99 persen, angka kemiskinan di desa terus menurun dan pembangunan di desa sangat cepat serta berkualitas.

Sedangkan progres pembangunan yang berhasil dilakukan seluruh desa di Indonesia meliputi jalan, jembatan dan beberapa fasilitas umum lainnya.Total keseluruhan panjang jalan yang dibangun melalui program dana desa yakni 197.600 kilometer. Semua hal tentang itu masih ada yang nyinyir dan memandang sebelah mata program dana desa ini, ujar Eko Putro Sandjojo.

Eko Putro Sandjojo juga menyebutkan beberapa desa di wilayah kabupaten Malang yang sukses menggunakan program dana desa dan telah memiliki BUMDes.Salah satunya, yakni keberadaan Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang yang memiliki BUMDes dan sukses mengembangkan destinasi wisata berupa cafe sawah. “Dulunya Desa Pujon Kidul itu sangat kotor dan tertinggal jauh pembangunannya”.

Kemudian masyarakatnya bersama desa mendirikan bank sampah. Saat ini, desa tersebut telah memiliki BUMDes yang mengelola pariwisata berbasis pelestarian lingkungan, bahkan omset yang di hasilkan sudah mencapai Rp. 10 Miliar pada tahun 2018, jelas Eko.

Menurutnya, apa yang dilakukan Desa Pujon Kidul tersebut patut ditiru oleh desa lainnya. Ini di lakukan agar program pembangunan desa dengan anggaran dana desa dapat berjalan dengan baik. Aset Desa Wisata Pujon Kidul melalui BUMDes sangat luar biasa hingga milyaran.

Tentunya hal ini patut diapresiasi,tutur Eko Putro Sandjoyo. Sementara itu Plt Bupati Malang, HM. Sanusi mengaku keberhasilan memanfaatkan dana desa yang di lakukan beberapa desa di Kabupaten Malang juga tak lepas dari kinerja Kepala Desa yang mampu menggandeng semua elemen masyarakat untuk berperan dalam pembangunan di Pedesaan.

Bahkan Presiden Jokowi menjuluki “Kepala desa adalah Ujung Tombak dalam Pembangunan,” karena memang pembangunan sebuah daerah harus di mulai dari pedesaaan dan inisiatornya adalah para Kepala Desa, ujar Sanusi. Beliaupun berharap, Kementerian Desa PDTT mau menambah anggaran dana desa, agar proses percepatan pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik dan merata. (Kie’)