DANA BANSOS DESA REJO MULYO MENGHILANG, PASTI ADA OKNUM YANG AKAN DI PIDANAKAN

WH Mesuji : Plt. Kepala Desa Rejo Mulyo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Johan. Camat, I Komang Sutiaka. Pada tahun 2017, Desa Rejo Mulyo mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari, PT. Pematang Agri Lestari (PAL) yang beralamat di Desa Suka Agung Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji kurang lebih sekitar Rp. 200.000.000; (dua ratus juta rupiah) yang rencananya akan untuk pembangunan Masjid di Desa tersebut. Senin, 11/02/2019.

Plt. Kepala Desa, Johan mengatakan bahwa bantuan sosial (bansos) itu memang ada, akan tetapi dari saat ini belum diberikan kepada pihak Desa kami. Padahal pihak kami dan masyarakat menunggu bansos tersebut untuk pembangunan Masjid. Pihak kami akan menelusuri dana bansos tersebut berhenti atau tersumbat di mana sebetulnya. Kalau dalam minggu-minggu ini tidak ada kejelasan dari pihak PT. PAL, saya akan melaporkan ke pihak berwajib. Karena dengan adanya suara-suara dana bantuan bansos itu, sangat merugikan Aparatur Desa. Dikira masyarakat dana bansos tersebut tidak di bangunkan Masjid, padahal pihak Desa belum menerima dana bansos sen pun, Tutupnya.

Kades Lama Narto mengatakan bahwa Desa Rejo Mulyo mendapatkan dana konfensasi dari PT. PAL, sebesar Rp. 5.000; (lima ribu rupiah) per batang pohon kelapa sawit. dari mulai timur sampai ujung barat sepanjang Jalan Tol sebanyak 80.000; (delapan puluh ribu) batang pohon kelapa sawit. Jadi kalau di gelobal semuanya dana bansos Rp. 200 Juta dan dana konfensasi Desa Rp. 400 Juta. Jumlah Rp. 600.000.000; (enam ratus juta rupiah).

Kementrian PU PR melalui PPK Saparudin datang ke Kantor Kepala Desa Rejo Mulyo menyampaikan bahwa Dana Kofensasi atau ganti rugi Tanah tersebut sudah di berikan kepada PT. PAL maka dari itu kami datang untuk meminta tanda tangan Kepala Desa tersebut untuk mengetahui pelepasan Tanah kepada PT. Waskita untuk pembuatan Jalan Tol Sumatera yang Tanah tersebut di garap oleh PT. PAL, karena tanah tersebut awalnya milik Warga Masyarakat Transmigrasi Desa Rejo Mulyo. Dengan melihat surat berita acara tersebut dan bukti uangnya tidak ada Kades tersebut menolak untuk menandatangani.

Direksi PT. PAL, Aldi mengatakan memang benar 2 (dua) Desa yang kami berikan Dana Bansos tersebut, yaitu Desa Rejo Mulyo dan Desa Mulya Agung Kecamatan Simpang Pematang. Dana bansos antara 2 (dua) Desa itu sama dengan nominal Rp. 200.000.000; (Dua Ratus Juta Rupiah), dan terlampir tanda terimanya.

HRD PT. PAL, Tigor Silitonga menjelaskan dan membenarkan bahwa Desa Rejo Mulyo Mendapatkan Dana Bansos tersebut. Tapi saya selaku HRD PT. PAL, belum pernah menyaksikan pemberian Dana Bansos itu. Biasanya kalau keluar masuk pendanaan HRD ikut menyaksikan walaupun di berikan langsung oleh Ketua Direksi, Jelasnya.

Camat, I Komang Sutiaka, SH. Menjelaskan pada saat saya menjabat Pj. Desa Rejo Mulyo tidak pernah mendengar Dana bansos tersebut. Kalau memang dana bansos itu benar ada, dan pihak Direksi PT. PAL sudah mengeluarkan dananya, pihak kami tinggal menelusuri keberadaannya dana tersebut. Kalau kami selaku pihak dari Kecamatan pasti akan ikut membantu sampai ketemu penyelesaian, Ungkapnya. (Budi/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *