Polres Tangsel Bersama Pemkot Tangsel Peringati HPSN 2019, dan Mengajak Masyarakat Tangsel Untuk Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Tangsel : Polres Tangerang Selatan bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan hadir dalam kegiatan ” peringatan hari  peduli sampah nasional (HPSN) 2019 yang bertempat di Amphitheater Gelanggang Seni dan Budaya Taman Kota 2 Kel. Setu, Kec. Setu Kota Tangerang Selatan. Minggu,  (24/02/2019), pada Pukul 08.00 Wib pagi dini hari .

Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Tangsel Hj. Airin Rachmi Diany, SH., MH., Kapolres Tangsel Akbp Ferdy Irawan, S.IK., M.Si, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Faizol Izzudin Karimi, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan Drs. H. Toto Sudarto, M.Si, Perwakilan Indah Kiat Bank Jabar, Bank BNI, Sinarmas Land, Pegadaian dan Universitas Prasetya Mulya, Para Camat Se-Tangerang Selatan dan Pegiat Bank Sampah Se-Kota Tangerang Selatan.

Dalam sambutan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, SH .MH mengatakan, dengan memperingati hari peduli sampah nasional  ini, diharapkan masyarakat dapat mengingat  kembali apa yang sudah dilakukan selama ini untuk mengurangi sampah, untuk mengggunakan sampah dan  berfikir untuk memanfaatkan sampah sehingga kedepan jauh lebih baik lagi.

Dalam penangan mengurangi sampah, pemerintah Kota Tangerang selatan  sudah membentuk 215 bank sampah dan akan memaksimalkan kurang lebih 400 TPS 3R, karena masih ada beberapa  TPS yang masih  belum maksimal. “Mari kita bangkitkan lagi TPS 3R yang belum maksimal sehingga dapat mengurangi sampah masuk ke TPA Cipecang,” ujar Airin Rachmi Diany.

Airin menambahkan , semoga kedepannya  TPA Cipecang akan  beropersional maksimal dan ditargetkan punya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) dan mudah mudahan menjadi yang pertama di Indonesia.

Lanjut Airin, pihaknya sedang berjalan paralel dengan konsep Kerjasama Pemerintah denagn Badan Usaha (KPBU), dan untuk dana bukan dari APBD tapi investasi langsung dari siapapun yang mengelolah sampah dan akan dilelang sekira bulan April.

“Selamat hari peduli sampah nasional tahun 2019, mudah-mudahan sampah tuntas, bisa diselesaikan dengan berkolaborasi kita bersama, terimaksih atas kebaikan dan usaha bapak ibu yang telah membantu kami Pemerintah Kota Tangsel,” tutup  Airin.

Dalam sambutan Kapolres Tangsel  Akbp. Ferdy Irawan, Sik.M.si  menyampaikan, mari kita  bersama sama berpartisipasi dan lebih peduli dalam mengelola sampah baik dalam  sampah rumah tangga serta lingkungan tempat tinggal. “Dari sekarang, kita biasakan untuk mengelola sampah dan hidup bersih,sehat serta bernilai untuk lingkungan, ”ujar Kapolres.

Lanjut Kapolres, hari ini merupakan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dan merupakan hari bersejarah bagi Kota Tangerang Selatan, dimana seluruh elemen masyarakat dan stakeholder bersatu untuk Kota Tangerang selatan  yang bersih. Sehingga dapat terwujudnya Indonesia tahun 2020 bebas sampah terutama sampah plastik, “tuturnya.

Kapolres menjelaskan bahwa sampah merupakan musuh besar , Untuk itu, kami menghimbau agar Masyarakat lebih peduli, baik dalam memilah dan mengelola sampah untuk mengurangi produksi sampah kedepannya.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bijak menyikapi dan mengelola sampah dimulai dari diri sendiri dan sekitar lingkungan kita masing-masing ” kata AKBP Ferdy Irawan.

Kapolres juga mengajak hidup sehat dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga lingkungan menjadi bersih dan indah, serta mengelola sampah dengan sistem 3R (Reuse, Reduce, Recyle) dan menjaga lingkungan yang bersih untuk pelestarian lingkungan hidup yang berkesinambungan, “tutupnya

Dalam kesempatan yang sama salah satu anggota srikandi polres tangerang selatan bripka esther menyampaikan ” bagaimana      penggunaan bahaya sampah plastik yang dalam proses terurainya hingga memakan waktu hinga 100 s/d 1000 tahun .

Dalam hal ini juga disalah gunakan oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab yang mana oknum oknum tersebut   membuang sampah plastik disembarang tempat misalnya ,membuang sampah dikali , sungai  ,bahkan laut yang membuat sampah menumpuk bukan terurai .

“Sampah plastik itu sendiri lama sekali untuk terurai ,bahkan negara indonesia sendiripun merupakan negara  terbesar ke dua  di tingkat Asia Tenggara , sebagai negara yang memproduksi sampah plastik terbanyak, ini bukan lah suatu pencapaian yang bai, tapi ini salah satu pencapaian yang buruk, oleh karena itu kita tanamkan dihati kita masing-masing dan saya sekaligus menyampaikan motto ” sampahku tanggung jawabku, “ujarnya.

Bripka esther menambahkan, ”  motto yang saya sampaikan semoga nantinya dapat membuat kita perduli bagi lingkungan kita , oleh karena itu kami dari polres tangerang selatan ,sedikit banyak menghimbau kepsda seluruh warga tangerang selatan  khusus nya dapat mengurangi sampah plastik .adapun 5 point  yang akan saya sampaikan yaitu :

1. Melaksanakan pengurangan penggunaan berbahan plastik sekali pakai disetiap kegiatan sehari hari

2. Aktif mau menengur sesama kita dan melaksanakan sosialisasi pengurangan sampah plastik dilingkungan masing -masing.

3. Menerapkan penggurangan tempat makan dan minun yang dapat digunakan ulang .

4. Melaksanakan pengawasan pengurangan pengunaan plastik sekali pakai dilingkungan kita .

5. Melaksanakan intruksi walikota tangerang selatan  dalam pengurangan penggunaan plastik sekali pakai dengan penuh rasa tanggung jawab .

Diakhir penyampaian bripka esther  mengajak para tamu undangan untuk marilah kita jadikan kota tangerang selatan dalam cerdas,modern dan religius dan berwawasan teknologi dan  menyemarakan ” Go Green ”  Tangerang Selatan Go Green, ” tutupnya .

Diakhir Dikesempatan yang sama Bjaka Badrayana juga menyampaikan penjelasan HPSN dan pemutaran Video donasi Bank Sampah serta penyerahan secara simbolis sedekah sampah dan hadiah pemenang untuk katagori Lomba Pidato, Sekolah Bank Sampah, Bank Sampah Berprestasi, Lomba pidato SD/SMA, Penghargaan Pelopor dan bank sampah serta pengundian Grand Prize.(Martin/Marice).