Pengajian Dan Pertemuan Rutin Alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo di Banyuwangi

WH Banyuwangi : Pembantu pengurus Pondok Pesantren Nurul Jadid (P4NJ) Kab. Banyuwangi mengadakan acara pengajian dan kajian Kitab SYU’ABIL IMAN, Jum’at (25/01/2019). Acara tersebut bertempat di “Angkringan dan Resto” Jl. Kawah ijen Desa Taman Sari Kecamatan Licin Banyuwangi. Dengan pembicara, KH Fadlurrohman Zaini, BA, KH Moh Zuhri Zaini, BA dan KH Mohamad Hipni Mahpud Al Hafidz.

Pengajian tersebut menjelaskan isi “Kitab Syu’abil Iman” hasil karya KH Moh Zaini Abdul Mun’im Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Menurut Ketua Panitia Cung Lianto mengatakan, P4NJ Kab. Banyuwangi mengadakan acara pengajian setiap tiga bulan sekali. Pengajian tersebut selain mengumpulkan para alumni yang tersebar di berbagai wilayah kabupaten Banyuwangi juga nambah ilmu agama.

Kita sebagai alumni ponpes Nurul Jadid Probolinggo harus menghidupkan pesantren dan juga mengamalkan apa yang kita dapat pada waktu menimbah ilmu di sana.kiyai menciptakan santri hanya bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara,”katanya.

Sementara KH Mohamad Hifni Mahfud Al Hafidz dalam ceramahnya mengatakan, mengaji ada dua metode talkin dan ta’rif. Sistem ta’rif seorang guru membaca murid mendengar sambil nulis terjemahan atau artinya.

Kita bisa berkumpul bersama-sama ngaji karena nikmat dari Allah. “Kita harus terus menurus bersyukur dalam nikmat apabila nikmat itu jabut oleh Allah maka kita akan hancur”katanya.

KH Hipni melanjutkan, kita harus ingat pada asal kita, asal kita dari Allah. Tidak sempurna syukur kita karena tidak ingat pada orang yang berjasa pada kita. Orang yg berjasa pada kita pertama orang tua dan kedua guru . Tidak ada jasa dan ridho mereka, maka Allah tidak meridhoi lanjutnya. (Gufron )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *