PEMBANGUNAN PAMSIMAS DI DESA SUMBER REJO DI DUGA SARANG KORUPSI

WH Mesuji : Pamsimas adalah kegiatan penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat yang dananya berasal dari Kontribusi Masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Pusat dan Bank Dunia.

Kegiatan ini di dukung oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai Ececuting Agency bersama dengan Departemen Dalam Negeri dan Departemen Kesehatan.

Proyek Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( PAMSIMAS), yang di kerjakan Pemerintah Desa Sumber Rejo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung terindikasi Sarang korupsi.

Kegiatan ini di dukung oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai Ececuting Agency bersama dengan Departemen Dalam Negeri dan Departemen Kesehatan.

KKM adalah singkatan dari Kelompok Keswadayaan Masyarakat, Merupakan nama Generik yang dahulu di namakan LKM/BKM.
Tidak seperti yang di Wawancarai media, di Desa Sumber Rejo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji. Pamsimas di Desa tersebut sangat aneh dan langka. Dimana Ketua KKM, tidak mengerti Tupoksinya sebagai Ketua KKM.

Saat Team Media datangi kelokasi bangunan fisik Pamsimas, ternyata banyak di temukan kejanggalan-kejanggalan yang terlihat di bangunan yang sudah jadi tersebut, salah satunya banyak sumur-sumur yang ada di samping bangunan induk Pamsimas.

Saat di komfirmasikan dengan Ketua KKM atas nama Sardi. Dengan kebingungan dan selalu cengar-cengir menjawab tidak tau dan lupa karena semua berkas di bawa oleh pendamping ke Dinas Provinsi, dan kasus ini semakin mencuat setelah aliran airnya masih mengandung Limbah, kemudian Masyarakat pun melakukan pengecekan ulang kedalamannya, dan memang di temukan kedalaman bor sumur airnya tidak sesuai bentuk.

Tidak patah arang, team Media kami terus mencari narasumber yang terlibat dalam kepengurusan Pamsimas di Desa Sumber Rejo. Setelah puas keliling, di Desa tersebut maka para Team media bertemu dengan Sekretaris KKM, yang tidak lain adalah Sekretaris Desa Sumber Rejo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji.

Sesampai di kediaman Sekretaris KKM, atas nama Katiran, dan saat di komfirnasi terkait temuan dugaan penyimpangan pembangunan Pamsimas tersebut, dengan enteng saudara Katiran menjawab memang benar saya Sekretaris KKM Pamsimas dan juga memang yang membuat SPJ Pamsimas tersebut. Tapi selebih dari dua hal tersebut Pak Katiran menjawab tidak mengetahui apa apa lagi, dan di akhir komfirmasi dengan team media Pak Katiran menanbahkan kalau dari Dinas PU Kabupaten Mesuji sudah cek ke lokasi dan menyatakan sudah benar Pembangunannya dan siap di pertanggung jawabkan.

Tetapi kenyataan di lokasi. Awak media menemukan air dari bangunan Pamsimas tidak mengalir lagi ke rumah warga dan tidak ada Water meter yang seharus nya sudah terpasang ke arah rumah rumah warga, dan lebih parah nya lagi ketua dan sekretaris KKM menjawab tidak tau dan tidak mengerti hal itu.

Untuk menindak lanjuti sejauh mana kebenaran ucapan dari Ketua dan Sekretaris KKM Pamsimas yang ada di Desa Sumber Rejo Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji, perlu di Klarifikasikan ke Dinas PU Kabupaten Mesuji oleh team Media.

Namun kenyataannya kini justru proyek tersebut sering bermasalah, karena di duga pengerjaannya tidak lagi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan ujung-ujungnya di gunakan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk aji mumpung, mengeruk keuntungan pribadi dan kelompoknya. (Budi/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *