Kades Desa Nangelasari Sukseskan Pembangunan Desa Melalui Program DD Sesuai Harapan Masyarakat

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Tasikmalaya : Desa Nangelasari Kecamatan Cipatujah kabupaten Tasikmalaya terapkan Dana desa sesuai dengan harapan masyarakat, bidang pembangunan Desa Nangelasari mengalami kemajuan yang begitu pesat semenjak dipimpin oleh Sarnudin (Kades), hal ini dapat terlihat nyata di beberapa Dusun terutama diruas jalan dusunnya, seperti jalan lingkungan, gorong-gorong, Jembatan, TPT, pembangunan serta penataan kantor desa, dan lain sebagainya, bahkan termasuk pengembangan BUMDES yang bergerak dalam bidang usaha simpan pinjam dan BRI LINK pun telah berhasil diwujudkan oleh Sarnudin (Kades) dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir melalui Program Dana Desa (DD).

Sarnudin selaku Kepala Desa mengungkapkan kepada Warta Hukum, “Jalan merupakan salah satu kebutuhan dasar suatu Desa sebagai sarana penunjang pergerakan perekonomian Masyarakat, maka dari itu kami selaku Kepala Desa memandang perlu diutamakan pembangunan ruas jalan desa diwilayah kami, baik itu badan jalannya, parit sisi jalanpun harus dibangun dengan pembangunan TPT, gorong-gorong, maupun Drainase, “Ungkap Sarnudin.

Lebih lanjut Sarnudin memaparkan, “ditahun anggaran 2018 ini, desa kami mendapatkan anggaran Dana Desa (DD) sebesar Rp. 843.415.500, yang realisasinya terbagi menjadi tiga tahap dan kami terapkan di beberapa dusun, yaitu untuk tahap pertama sebesar Rp. 168.683.100; Dan kami realisasikan untuk pembangunan TPT jalan Darso dengan volume 23 M x 1,50 M dengan biaya Rp. 18.728.900, Pembangunan jembatan Wangun dengan volume 2,5 M x 1,70 M dengan biaya Rp. 22.954.200 dan pengembangan modal BUMDES dan BRI LINK beserta perlengkapan nya Rp. 127.000.000. Adapun tahap ke dua sebesar Rp. 337.366.200 yang realisasinya dibidang Pembangunan meliputi beberapa jenis diantaranya, (1). Pembangunan rabat beton jalan lingkungan Gang Darso dengan volume 150 M x 1 M dengan biaya Rp. 29.639.900; (2). Rabat Beton Jalan Lingkungan Jalan Enyon dengan volume 250 M x 1,80 M dengan biaya Rp. 87.594.400; (3). Pembangunan Plat Decker Jalan Enyon dengan volume 2,85 M x 2,15 M dengan biaya Rp. 25.795.300, (4). Pembangunan TPT Jalan Enyon dengan volume 25,83 M x 1,066 M dengan biaya Rp. 90.440.300, (5). Pembangunan TPT mesjid cikananga dengan volume 23 M x 2.10 M dengan biaya Rp. 51.224.600, dan (6). Pembangunan TPT Jalan Tajudin dengan volume 6.58 M x 1.14 M dengan biaya Rp. 52.671.700, yang mana pelaksanaannya baik tahap satu maupun tahap dua sudah selesai 100% dan dapat dilaksanakan dengan baik, adapun tahap tiga kami masih dalam proses pengajuan, “Paparnya.

Masih menurut Sarnudin dalam pelaksanaan penerapan Dana Desa ini kami kerjakan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan berdasarkan juklak juknis serta mengacu kepada RAB agar supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat, disamping itu kami pun bekerjasama dengan baik dengan mayarakat dan dibantu oleh TPK beserta anggota nya, yaitu Hermawan selaku ketua dan Juju Juariah selaku Bendahara.

Adanya Program Dana Desa (DD) yang sudah berkali-kali kami terima, sangatlah membantu dalam memajukan pembangunan, baik pembangunan fisik Maupun non fisik di Desa Kami, oleh karenanya, kami selaku Kepala Desa mewakili segenap Masyarakat Desa Nangelasari mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten, atas pengalokasian anggaran program Dana Desa (DD) yg telah kami terima untuk membangun dan memajukan Desa kami tercinta, “Tuturnya.

Informasi yang dihimpun Warta Hukum di lapangan dari beberapa masyarakat desa Nangelasari Mengatakan, “Saya selaku Masyarakat sangatlah merasa senang dan bersyukur atas kemajuan desa Nangelasari selama dipimpin oleh bapak sarnudin, yangmana beliau sangat peduli atas kepentingan masyarakat, sehingga selama beliau menjadi kepala desa Nangelasari banyak sekali perubahan perubahan yang memajukan desa, baik dalam segi pembangunan desa maupun dalam segi pemberdayaan Masyarakat, “Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan desa kami dengan mengucurkan anggaran melalui berbagai program pemerintah untuk membangun desa kami, disamping itu saya juga ucapkan terima kasih kepada bapak kepala desa yang telah menjalankan tugasnya serta menjaga amanah yang diembannya sehingga dapat membangun desa dengan baik, “Terangnya. (Chefy).