Rapat Paripurna DPRD/Legislatif Dengan Eksekutif Kabupaten Sampang

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Dalam meningkatkan Pariwisata dan juga untuk melestarikan cagar budaya agar bisa menjadi obyek wisata daerah di Kabupaten Sampang, maka pada hari Senin (27/08/2018) mengadakan rapat Paripurna antara DPRD (Legislatif) dengan Pemerintah (Eksekutif) Kabupaten Sampang untuk membahas rancangan perencanaan pembangunan dan pengawasan situs cagar budaya dan pengawasan di wilayah Kabupaten Sampang.

Bertempat di Gedung Aula DPRD beralamat di Jl.  Wijaya Kusuma, acara dimulai sejak Jam 19.30 Wib dan dihadiri oleh Pj Bupati Sampang (Drs Ec Jonathan Judianto, SH, MH) bersama staff dan jajarannya, Ketua dan Wakil ketua beserta sebagian anggota DPRD II Kabupaten Sampang.

Mula-mula yang memberikan sambutan adalah Wakil ketua yang dibacakan oleh Shohebus Sulton, SH.i, dalam sambutannya Beliau menyatakan, “Sebelumnya kami menerangkan bahwa pada tanggal 13 Agustus 2018 DPRD mengadakan rapat dengan SKPD Pemerintah Kabupaten Sampang dalam surat keputusan 108/spg/571/434.012/2018 membahas tentang Perda tahun 2018. Pada rapat Paripurna ini kami juga ingin mendengarkan usulan Bupati Sampang, yang pertama tentang peraturan PAD dan kedua tentang Raperda cagar budaya dan Pariwisata.

Selain itu kami dari DPRD mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Sampang beserta jajarannya karena telah bersungguh-sungguh serta keterbukaannya dalam peningkatan ekonomi dan juga pembangunan daerah Sampang, khususnya yang dibahas dalam rapat paripurna ini yaitu pengembangan sektor Pariwisata dan cagar budaya di Sampang, hal tersebut akan bisa menumbuhkan semangat ekonomi sesuai dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana Undang-Undang No. 12 Tahun 2008 dan Undang-Undang No. 23 tahun 2014 yang bertujuan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pembangunan ekonomi dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia melalui sektor pariwisata serta situs cagar budaya daerah Kabupaten Sampang”, Ujar Shohebus Sulton, SH.i.

Selanjutnya Bupati Sampang dalam sambutannya mengatakan, “Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan wakil ketua serta anggota DPRD, Forkompinda, ketua pengadilan negeri, staff ahli dan juga pimpinan BUMD Kabupaten Sampang karena telah hadir dalam sidang Paripurna DPRD pada acara Nota penjelasan terhadap 2 Raperda usulan serta pengesahan rancangan Perda tentang pengelolaan cagar budaya yaitu persetujuan bersama DPRD dengan Bupati Sampang.

Adapun usulan yang dimaksud adalah perubahan Perda nomor 5 Tahun 1975 tentang Pendirian Perusahaan Air Minum di Kabupaten Sampang Perda nomor 8 tahun 2008 tentang pembentukan PT. Geliat Sampang Mandiri.

Selain itu juga kami ucapkan terima kasih kepada Badan Anggaran DPRD dan TAPD karena telah menyelesaikan pembahasan KUPA dan PPAS sehingga penandatanganan bersama atas kesepakatan bersama yang selanjutnya akan menjadi dasar dalam penyusunan RAPBD perubahan anggaran tahun 2018”, Ujar Drs EC Jonathan Judianto, SH, MH.

Setelah acara sidang Paripurna yang membahas tentang Perda dan Raperda pariwisata serta cagar budaya di daerah Kabupaten Sampang selesai, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kerja antara legislatif bersama eksekutif dan kemudian foto bersama.

“Tadi waktu sidang Paripurna ada penandatanganan bersama tentang cagar budaya karena cagar budaya ini merupakan warisan dari leluhur nenek moyang serta ada nilai-nilai sejarahnya, jadi kita harus melindungi, memelihara dan melestarikan serta menjaga apa yang sudah kita miliki, maka dari itu saya mengharapkan supaya ada payung hukumnya agar tidak dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Nanti ada Tim ahli yang menentukan situs tersebut merupakan cagar budaya atau bukan dan semua instansi pemerintah akan saya libatkan semua dengan tujuan supaya semua elemen baik pemerintahan maupun masyarakat bisa bertanggungjawab dalam menjaga dan melestarikan cagar budaya tersebut dapat dijadikan sebagai tempat pariwisata, sehingga dapat menambah PAD serta mendorong terhadap peningkatan sektor ekonomi masyarakat di sekitarnya”, Kata Bapak Bupati Sampang Drs EC Jonathan Judianto, SH, MH dalam wawancaranya dengan pihak awak Media. # (Is-one)#