Program ,” PISEW ” Desa Sukosari Digunakan Untuk Rabat Beton

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Madiun : Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), Yang dilaksanakan oleh tim pelaksana dari Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD), kini tengah dilaksanakan pembangunannya di Kabupaten Madiun.
salah satunya di Desa Sukosari Kecamatan Dagangan. “Alhamdulillah pekerjaan pembuatan rabat beton program PISEW di Desa Sukosari mulai dilaksanakan,”kata Kepala Desa Kusno , saat ditemui di rumahnya Sabtu (25/8 ).

Dia menjelaskan, tujuan program PISEW sendiri adalah untuk mempercepat pembangunan ekonomi masyarakat perdesaan dengan berbasis pada sumber daya lokal untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah.

Selain itu, untuk pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola Pemerintahan daerah di tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan Desa , serta penguatan institusi lokal di tingkat Desa.

Dengan adanya bantuan keuangan tersebut sangat membantu pemerintah desa ,khususnya di bidang infrastuktur ,sehingga masyarakat bisa melaksanakan segala aktifitas dengan lancar dan membantu perekonomian masyarakat desa Sukosari ” kata Kusno , Kepala Desa Sukosari kepada Wartawan Warta Hukum.

Kades Kusno mengungkapkan, khusus di Desa Sukosari PISEW diarahkan untuk pembangunan maupun pembuatan rabat beton yang merupakan jalan akses desa dengan panjang 517 meter dan lebar 3 meter, ketebalan 12 cm dan jumlah pekerja kurang lebih 22 orang warga masyarakat desa sukosari setempat di kerjakan secara swakelola dan sebagai pengawas pekerjaan di lapangan Purwanto perangkat Desa bagian Kesra.

”Pembangunan rabat beton ini diarahkan untuk pengembangan infrastruktur di RT 20 RW 06 Dusun Watu Gong Desa Sukosari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, ,”ungkap Kades Kusno.

Dia menambahkan di Kecamatan Dagangan ada tiga Desa yang mendapatkan program PISEW, yakni Desa Sukosari, Desa Banjarsari Wetan dan Desa Sewulan. Untuk anggaran program ini, masing-masing Desa mendapatkan sebesar Rp. 196 Juta lebih, dengan panjang dan volume pekerjaan yang berbeda-beda.

Menurutnya, sasaran program PISEW adalah Masyarakat Desa dengan membangun akses jalan pertanian dan akses jalan desa.”Pekerja dalam program ini adalah masyarakat dengan membentuk pengurus tingkat kecamatan, yaitu BKAD,” urai Kusno
Kades Kusno mengatakan, Pemerintah dan masyarakat Desa Sukosari sangat senang dengan adanya program ini dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Madiun khususnya Bupati, Wakil Bupati, DPRD Kabupaten Madiun dan semua pihak yang sudah membantu suksesnya program PISEW masuk ke Kecamatan Dagangan khususnya di Desa Sukosari.

“Kami berharap agar program PISEW dan program infrastruktur lainnya kedepannya bisa masuk lagi ke Desa Sukosari , terutama pekerjaan insfrastuktur jalanuntuk kemajuan Desa Sukosari lebih baik dan maju ” kata Kades Kusno, jelasnya. ( Yl )