Ini Kiat Plt Gubernur Raih Prestasi Akademik

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Bengkulu : Sebagai salah satu putra terbaik yang dimiliki Provinsi Bengkulu ini. Rohidin Mersyah, yang saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur Bengkulu, memiliki segudang prestasi akademik, saat dirinya menimba ilmu di berbagai Perguruan Tinggi.

Namun, tanpa merasa angkuh, dirinya mau berbagi kiat-kiatnya dalam meraih prestasi, terkhusus untuk para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Diungkapkannya, apa yang diperolehnya dalam prestasi akademik tersebut, tidak terlalu sulit untuk dicapai oleh setiap orang.

Karena dirinya berfikir, setiap orang itu memiliki kemampuan yang tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja, menurutnya, untuk mencapai semua itu butuh kesungguhan, kerja keras disertai dengan disiplin yang tinggi.

Dirinya menceritakan, saat menjadi mahasiswa dulu, dirinya selalu menggunakan kesempatan yang baik. Dengan mengefektifkan waktu sebaik mungkin di luar jam kuliah.

“Memang saat kita jadi mahasiswa itu, banyak waktu yang longgar. Dalam seminggu paling banyak 24 SKS, kalau dikalikan 45 menit, 2 sampai 3 hari bisa selesai. Sehingga kita memiliki bagian waktu yang sangat luas, itu bayangan saya,” sebut lulusan tercepat dan terbaik Pasca Sarjana IPB ini.

Jika hal itu diefektifkan dengan baik, ujarnya, timbulkan tanggungjawab dan bertekad meraih prestasi, maka, tentu kita mendapatkan kemudahan-kemudahan nantinya.

“Maka saya berusaha keras agar prestasi akademik itu memang maksimum,” sebut Rohidin, yang pernah menjadi Ketua Senat Fakultas Kedokteran Hewan UGM ini.

Selain itu, Rohidin juga mengasah kemampuan dirinya dengan berkecimpung dalam keorganisasian. Menurutnya, di samping kemampuan akademik menjadi hal yang utama, tentu juga harus diikuti kemampuan softskill yang lain, seperti berorganisasi.

Dengan seringnya kita berkecimpung dalam kegiatan organisasi sosial dan kemasyarakatan, maka hal itu dapat membangun kepribadian serta kepercayaan diri sesorang.

“Saya aktif di senat kampus, menjadi Ketua BEM, aktif di HMI, ekstra kampus, kerohanian Islam maupun ikut dalam jemaah pengajian di kos-kosan. Yang jelas, semua itu dapat menguatkan karakter dan pengembangan diri kita. Di samping kemampuan akademik itu memang yang paling utama,” pungkas Rohidin, yang sebelumnya menjabat Wakil Gubernur Bengkulu ini. (Rk)