Pendaftaran BACALEG, KPUD Sampang Masih Sepi

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Setelah pelaksanaan Pilkada serentak 2018 selesai, maka kegiatan KPU selanjutnya adalah pemilihan Calon Legislatif, mulai dari DPRD II, DPRD I sampai ke tingkat DPR RI. Pesta demokrasi rakyat itu akan dilaksanakan pada tahun 2019, sehingga mulai bulan Juli 2018 KPUD Sampang telah membuka pendaftaran untuk Bakal Calon Legislatif (BACALEG) periode 2019-2024.

Untuk memastikan seberapa antusias masyarakat Sampang untuk mendaftarkan diri menjadi Caleg, pada hari Kamis (12/07/2018) kami dari jurnalis Warta Hukum Sampang beserta awak media lainnya menuju ke kantor KPU Sampang yang beralamat di jalan Diponegoro Sampang.

Sesampainya di sana sekitar jam 11.00 Wib, kami dari jurnalis Warta Hukum Sampang beserta pihak media lainnya langsung di temui oleh Ketua KPU Sampang (Samsul Muarif, SE). Dalam pernyataannya Beliau mengatakan, “Tentang masalah pendaftaran Bacaleg, sampai hari ini masih belum ada yang mendaftarkan maupun pengajuan dari salah satu Partai politik”.

Samsul Muarif menambahkan,” KPU Sampang sudah melakukan berbagai upaya dengan cara pemberitahuan melalui kepada seluruh peserta Partai Politik agar Bacaleg dari partai tersebut segera mendaftarkan dengan disertai persyaratan-persyaratan yang lengkap sesuai dengan ketetapan PKPU. Hari ini kita rencananya akan memanggil semua partai politik untuk menanyakannya, mungkin ada permasalahan, kalau memang ada permasalahan atau keluhan dari partai politik yang mengusung Bacalegnya tersebut, kita bisa diskusi yaitu dengan membahasnya bersama-sama permasalahan itu, kebetulan yang ditemukn oleh kita pada saat ini oleh kita adalah masalah proses persyaratan yang dikumpulkan Bacaleg, mungkin kita tunggu sampai batas waktu pendaftaran, karena sesuai dengan tahapan ketetapan PKPU nomor 5 tahun 2018 bawa untuk pendaftaran Bacaleg batas waktu sampai tanggal 17/07/2018 dan apabila pendaftaran Bacaleg lebih dari tanggal yang telah ditetapkan, maka Bacaleg tersebut akan gugur, Kalau kita berpedoman pada ketentuan partai politik bahwa untuk pendaftaran atau pengajuan Bacaleg sesuai dengan kuota yaitu di DPRD II Sampang berjumlah 45 kursi, jadi saya perkirakan 100% akan tercapai.

Mudah-mudahan 5 hari kedepannya sudah mulai ada yang mendaftar, karena agenda kita untuk tanggal 17-22 Juli 2018 adalah perbaikan berkas, kemudian setelah itu penentuan Bacaleg “, Ungkap Samsul Muarif, SE. ”

Memang saya berniat untuk menjadi Caleg, rencananya untuk mendaftar Bacaleg nanti pada hari-hari terakhir pendaftaran, tujuannya yaitu biar tidak terbaca oleh Bacaleg dari partai politik lainnya, Insya Alloh saya akan mendaftar nanti pada pada tanggal 17/07/2018, kemungkinan besar saya diusung atau berangkat dari Partai Garuda “, Ujar H. Maula yang merupakan Ketua LSM Formabes sekaligus Pembina LSM Paksi Sampang. # (Is-one)#