Ikut Dalam Satgas TMMD 102: KKN Unhas Membantu Penyuluhan Pertanian

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Bone : Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa TMMD 102 Kodim 1415/Kep selayar dibantu oleh Mahasiswa KKN Unhas melakukan upaya pemberdayaan pekarangan rumah dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Dan peningkatan mutu tanaman kepada masyarakat dengan mengadakan penyuluhan pertanian dan Penyaluran Bibit tanaman kepada masyarakat di Dusun Lopi-lopi Desa Harapan Kec. Bontosikuyu Kepulauan Selayar pada Sabtu 14 Juli 2018. Kegiatan ini merupakan program Non-fisik dari TMMD 102 Kodim 1415/Kepulauan Selayar.

“Sebanyak 22 mahasiswa KKN Unhas membantu dalam pelaksanaan acara penyuluhan dan pemberian bibit dan peserta KKN sebanyak 48 orang di tugaskan membantu Satgas kegiatan TMMD dalam pembangunan jembatan di Desa Laiyolo kec. Bontosikuyu”. Tutur Fajri koordinator Kecamatan KKN Tematik Kepulauan Selayar.

Penyuluhan ini dihadiri oleh Kapolsek Bontosikuyu AKP Munassir, Danramil 1414-01 Bontosikuyu serta masyarakat Desa dan berbagai kelompok tani di kecamatan Bontosikuyu. Selain masyarakat desa dan mahasiswa KKN Unhas yang hadir pada kegiatan ini, Ketua Persit KCK XXIX Kodim 1415/Kep. Selayar beserta anggotanya turut hadir meramaikan keberlangsungan acara ini.

Kegiatan dimulai dengan sambutan oleh Komandan Kodim 1415/Kepulauan Selayar bapak Letkol Arm Yuwono S.Sos. MM dilanjutkan dengan penyuluhan dari kementrian Pertanian dan ketahanan Pangan Kepualuan Selayar, Hamzah Raja S.P Dan Andi Maulana S.P, M.P.

Andi Maulana Menjelaskan bagaimana memenuhi kebutuhan pangan dengan pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam berbagai jenis tanaman jangka pendek seperti sayuran. Kemudian materi kedua yang dijelaskan oleh Hamzah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana membudidayakan tanaman Pala.

Kegiatan ini bekerjasama Kodim 1415/Kepulauan Selayar dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kepulauan selayar dengan memberikan bibit pala sebanyak 7000 pohon bibit tanaman pala,1 bibit diberikan langsung oleh Komandan Kodim 1415/Kepulauan Selayar secara simbolik kepada masyarakat. Kemudian melakukan penanaman bibit pala di salah satu kebun milik warga a.n Muh. Rusli di Dusun Lopi-lopi desa Harapan secara simbolik pula.

Komandan Kodim 1415/Kepulauan Selayar Letkol Yuwono S. Sos.MM yang juga hadir pada penyuluhan ini mengatakan “selain kegiatan fisik yang dikerjakan satgas TMMD 102, juga membuat program non fisik, termasuk kegiatan penyuluhan ini, dan saya berterimakasih kepada Kementrian Pertanian dan Ketahanan Pangan yang turut berpartisipasi dalam program TMMD 102 ini”, ungkapnya. (Aldi)