Festival Desa Olehsari, Satu Upaya Dari 77 Event Banyuwangi Festifal. Untuk Meningkatkan Kunjugan Wisata Hingga 5 Juta Pengunjung

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Banyuwangi : Daerah dengan sejuata pesona ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari berbagai potensi wisata dan budayanya, Banyuwangi terbukti mampu memikat jutaan wisatawan lokal dan maupun mancanegara.

Kini giliran Desa Oleh sari Kecamatan Glagah yang mendapat kepercayaan, untuk menghipnotis jutaan wisatawan yang telah menginjakkan kakinya dibumi blambangan ini. Desa Olehsari sendiri rencananya akan menyajikan drama tari pertunjukkan yang akan mengisahkan tentang keserakahan manusia yang menimbulkan bencana.

Selain pertunjukan kolosal itu, rencananya akan ada launching kampung selfie, yang nantinya akan diperuntukkan bagi semua pengunjung yang menyukai foto selfie. guna mengabadikan momen istimewa di malam minggu (7 juli 2018) yang akan diselenggarakan dalam satu tempat, Desa Olehsari mulai sekitar Pukul 18:00 Wib.

Acara yang akan memanjakan mata, hati dan fikiran kita ini, juga akan memanjakan lidah, bagi pecinta kuliner. Akan ada festival kuliner, ngopi dan beberapan macam makanan khas Banyuwangi yg tidak akan ditemukan di tempat lain.

Acara ini juga merupakan salah satu bagian dari 77 event Banyuwangi Festival yang di adakan secara berturut dalam satu tahun penuh. Hal ini merupakan salah satu wujud kecintaan masyarakat banyuwangi terhadap warisan budaya lokal utamnya kesenian daerah.

Selain itu, guna melestarikan budaya lokal, pemerintah daerah Kab. Banyuwangi juga memiliki tujuan utama. yaitu untuk memajukan dan mengembangkan sektor pariwisata di kabupaten banyuwangi.

Hal ini rupanya terbukti, dari data yang di himpun Dinas Pariwisata Kab.Banyuwangi. Pada tahun 2017 lalu lonjakan kunjungan pariwisata melonjak dari yang ditargetkan sebelumnya. Cotoh, jumlah kunjungan turis mancanegara yang berlibur di Banyuwangi tembus 91 Ribu, padahal target 2017 sebanyak 45 Rjbu. ini belum termasuk jumlah kunjungan wisatawan domestik yang mencapai 4,8 Juta dari target 2,3 Juta.

Ditahun ini Kabupaten Banyuwangi menargetkan 5 Juta kunjungan wisatawan domestik dan 100 ribu wisatawan mancanegara. Target ini meningkat dua kali lipat dari tahun lalu yang menargetkan 2,3 juta wisatawan.

Terlebih jika kita melihat pada 2010 di mana Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si. baru memimpin banyuwangi. Kunjungan wisatawan mancanegara ditahun itu hanya mencapai 5.205. Sedangkan wisatawan domestik hanya berkisar 497 ribu. jauh dengan pencapaian terakhirnya di 2017 sebanyak 4,8 Juta wisatawan domestik.

Harapannya jumlah wisatawan ini akan terus meningkat dari tahun ketahun sehingga mampu mengangkat perekonomian daerah dan menurunkan kemiskinan lebih kecil dari pencapain terakhir 8,79 persen pada tahun 2016. jumlah itu merupakan dibawah rata-rata angka kemiskinan di Jawa Timur yang masih tembus 11 persen. (Gufron)