Penghitungan Ulang Pilkada 2018 Di Kec. Banyuates – Sampang, Karena Banyak Dugaan Kecurangan Dan Intimidasi

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Pilkada serentak 2018 untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Bupati dan Wakil Bupati Sampang sudah dalam tahapan penghitungan surat suara, akan tetapi pada Sabtu (30/06/2018) sekitar jam 10.00 Wib bertempat di Aula Kecamatan Banyuates-Sampang dilaksanakan acara rapat Pleno Penghitungan ulang surat suara dengan disaksikan oleh masing-masing saksi dari para pasangan calon (Paslon), PPK, PPL, Panwascam, dan KPUD Sampang.

Disela-sela acara rapat pleno ada protes dari salah satu Paslon yaitu nomor urut 3 yang bernama “Mu’arah” yang intinya mengungkapkan bahwa adanya kecurangan yaitu diduga telah terjadi kecurangan di Desa Olor berupa penyimpangan kotak di TPS 2, kotak suara di bawa pulang ke salah satu rumah warga.

” Panwascam Sebetulnya mengetahui akan kejadian tersebut, tetapi tidak menegur dan juga tidak mengambil tindakan tegas dalam pelanggaran yang dilakukan oleh warga setempat. Apa ini yang dinamakan pemilihan Pilkada yang adil, jujur dan transparan “, Ungkap Saksi Paslon nomor urut 3 (Mu’arah).

Kemudian Mu’arah melanjutkan perkataannya,” Sedangkan DPT yang di terbitkan oleh KPU masih terindikasi Cacat Hukum dikarenakan kartu DPT tersebut di duga DPT 15 Tahun yang lalu “, Kata Mu’arah. Kemudian setelah menjelaskannya masalah temuannya, Saksi Paslon nomor urut 3 langsung meninggalkan rapat pleno dan memutuskan tidak akan mengikuti penghitungan surat suara.

Sedangkan Ketua PPK Banyuates (H. Hasan Busrianto) mengatakan, ” Kami selaku PPK kecamatan Sudah melakukan tahapan demi tahapan Pilkada sesuai dengan aturan- aturan yang telah diTentukan Oleh KPUD Sampang “, Ujar Beliau. Selanjutnya H. Hasan Busrianto mengatakan, ” PPK merupakan pelaksana bukan sebagai penentu pembuat keputusan maupun kebijakan, karena pembuat kebijakan itu sendiri adalah PKPU “, Pungkasnya.
Saat dilakukan penghitungan ulang surat suara di Kecamatan Banyuates berlangsung lancar, aman dan dalam situasi yang kondusif, sehingga acara rapat Pleno penghitungan ulang surat suara tersebut diperoleh hasil yaitu, Paslon nomor urut 1 : 14.810, nomor urut 2 : 23.537, dan nomor urut 3 : 17.822 , dengan rincian Suara Sah : 56.169, Suara Tidak Sah : 1.680, Total Jumlah Suara : 57.849. Adapun acara rapat pleno penghitungan itu berakhir sekitar Jam 00.00 Wib.  #(Is-one)#