Panwaslu Kabupaten Madiun Gelar Deklarasi Damai,Tolak Politik Uang Dan Politisasi SARA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Madiun : Panitia pengawas pemilu (panwaslu). Kabupaten Madiun Menggelar Deklarasi Damai Tolak Dan Lawan politik uang dan politisasi SARA dalam Pilkada 2018. Deklarasi tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Sederhana.

Ketua panwaslu Kabupaten Madiun “Agus setiawan SH Mengancam akan memenjarakan siapa saja yang kedapatan terlibat politik uang dan pilitisasi SARA dalam pelaksanaan Pilkada 2018. ” Baik pemberi maupun penerima politik uang akan dikenakan sanksi pidana, begitu pula kepada para pelaku politisasi SARA” kata Ketua Paswaslu Agus Setiawan SH.

Dalam Deklarasi juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama Panwaslu, KPU, TNI, POLRI, PEMDA, Pasangan Calon, Tim sukses serta partai pengusung.

Ketua paswaslu Kabupaten Madiun ,” Agus Setiawan SH mengatakan, Komitmen bersama ini menjadi kunci bagi semua untuk bersama- sama menciptakan setiap tahapan pilkada 2018 bebas dari pengaruh politik transaksional dan penggunaan isu SARA dalam kampanye. ” panwaslu memiliki komitmen dan tanggung jawab untuk memastikan integritas pilkada dengan mengajak semua pihak untuk terlibat ” tuturnya.

Menurut Agus, politik uang  dan politisasi SARA adalah musuh bersama , jelasnya.
Praktik ini menciptakan potensi tindakan koropsi dan menimbulkan perpecahan di antara masyarakat . ” menghadapi tantangan tersebut, kami mengajak semua komponen maayarakat khususnya pemangku kepentingan kepemiluan untuk bersama-sama mewujudkan pemilu yang bersih, berkualitas dan menjunjung nilai-nilai luhur bangsa, tuturnya.

Terkait dengan momentum Hari Raya Idul Fitri yang bersamaan dengan tahapan kampanye, Agus mengakui adanya kerawanan, dia menegaskan akan melakukan pemantauan secara maksimal ” Tingkat kerawanan money politik 2018 ini, yaitu pada saat lebaran baik pemberian dalam bentuk Zakat maupun Santunan.

“PILIH PEMIMPIN DENGAN MATA HATI, BUKAN MATA UANG “. Dalam hal melaksanakan pilkada yang jujur ,aman dan lancar jangan sampai mencoreng Demokrasi yang ada di Kabupaten Madiun yang mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk menyukseskan pilkada Kabupaten Madiun Paslon harus merebut hati rakyat dengan program-program yang akan dilakukan, bukan kekuatan uang, otot yang pasti adalah mengadu Visi dan Misi. Dilaksanakannya kampanye dengan damai, hentikan politik uang dan isu SARA. Kita bersama-sama ikut menjaga iklim demokrasi khususnya di Kabupaten Madiun. (Yl).