PULUHAN KARUNG BANGKAI AYAM DIBUANG SEMBARANGAN DI SUNGAI

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Malang Raya : Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait puluhan karung bangkai ayam, Pemkot Batu langsung bergerak cepat. Semua itu dilakukan dengan mengangkut bangkai ayam ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo.

Truk sampah dan pick up dikerahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup ke Jembatan Meranak Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Rabu (20/6/2018).Belasan petugas terlihat mengangkut puluhan karung yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh tim Kaliwatu Rafting dan Sahabat Air di bawah Jembatan Meranak.

Para petugas mengikat semua karung tersebut menggunakan tampar meskipun sempat beberapa kali kesusahan karena lepas dan terjatuh. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arief As Siddiq mengatakan bangkai tersebut akan dibawa menuju TPA.

Setelah dibawa menuju TPA, DLH membuat galian tanah untuk mengubur bangkai ayam potong tersebut. Kami buatkan galian tanah di TPA. Karena sampah itu tidak boleh dibakar sehingga kami kuburkan, ujar Arief saat ditemui di TKP kepada Wartahukum.net

Beliau menambahkan upaya yang dilakukan mengantisipasi banyaknya bangkai ayam tersebut adalah meminta kepada aparat desa melakukan ronda untuk melakukan pemantauan secara continue.

Bersama aparat desa untuk beberapa hari ke depan membentuk tim ronda melakukan pemantauan agar bisa mengawasi di lapangan. Jangan sampai kejadian ini terulang lagi, imbuhnya.

Menurutnya pelaku pembuangan bangkai ayam tersebut akan ditangkap dan dilaporkan kepada Polres Batu. Hal ini dilakukan karena telah mencemari lingkungan.

kalau ketangkap akan dilaporkan kepenegak hukum, kami minta bantuan untuk dilakukan penelusuran terhadap pelaku lebih dalam. Agar kejadian ini tidak terulang kembali,ujar warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu ini.

Selain aparat hukum, DLH juga akan mengkordinasikan hal ini kepada dinas terkait seperti Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Batu, Dinas Kesahatan Kota Batu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dan Wali Kota Batu. Semua ini kami koordinasikan untuk langkah-langkah antisipasi ke depannya bersama-sama dalam menangani hal tersebut agar tidak terulang lagi. (Kie)