Kunjung Lapang Penilaian Asman Pemanfaatan Toga dan Akrupresur Dinkes Jatim di Kota Angin

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Nganjuk : Dalam rangka lakukan penilaian lapangan pada kelompok Asman ( Asuhan Mandiri) tim penilai Asman pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan Akrupresur dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Kabupaten Nganjuk. Di kelompok Asman Desa Lestari, Kecamatan Patianrowo pada senin 4/5/18.

Sebelum menuju lokasi penilaian, sekitar pukul 08.00 WIB. Tim yang diketuai oleh Dra. Elmi Mufidah, M.Kes telah tiba di kota angin dan singgah di ruang rapat peringgitan Pendopo Kabupaten untuk menemui Pj Bupati terlebih dulu.

Tim Penilai yang hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes)  Nganjuk dr Achmad Noeroel Cholis dan jajarannya ini pun ,  disambut langsung oleh Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sudjono, MM., para asisten dan juga pengurus PKK. Di ruangan tersebut juga tampak berlangsung wawancara antara tim penilai dengan Pj. Bupati,yang membahas hal-hal terkait bagaimana kerjasama di lintas sektor,dengan sesi yang berlangsung lumayan singkat. Di akhir bincang -bincang tersebut Pj. Bupati mengungkapkan rasa terimakasihnya. “Mudah-mudahan Barokah ya di Bulan Puasa ini,” Ungkap Pj. Bupati Sudjono

Dan kemudian dilanjut dengan bersama-sama menuju Gedung PKK untuk melihat hasil produk-produk olahan PKK dari tanaman obat seperti minuman jamu (beras kencur dan kunyit asam) hingga olahan makanan. Tim penilai juga menyempatkan diri melihat-lihat ,’taman toga yang berada di sebelah Gedung PKK.

Setelahnya, tim penilai Dinkes Jatim tersebut segera menuju Desa Lestari, guna melakukan penilaian terhadap “Kelompok Asman Dandang Gendis”. Penilaian ini sebenarnya bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat agar memanfaatkan TOGA secara benar. Penilaianpun diadakan setiap tahun secara berkelanjutan mulai dari tingkat Desa, Kelurahan hingga tingkat pusat atau Nasional. Dalam tajuk tersebut Camat dan jajarannya hingga pengurus PKK per-Desa melakukan Deklarasi Asmanisasi Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga dan Ketrampilan. Yang diakhiri dengan melihat produk-produk tanaman obat Desa Lestari di Stand Pameran yang telah disediakan.(Hendro/ Tian)