PENCURIAN DAN PEMBUNUHAN DI LAMPUNG TERTANGKAP DI JAWA

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Tulang Bawang : Kapolres di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung, AKBP. Raswanto Hadi Wibowo, SIK. M.Si, melalui Kasat Reserse Kriminal (Satreskrim) AKP. Zainal Fachry. Dapat mengungkap kejahatan pencurian dan pembunuhan. penangkapan di laksanakan berdasarkan, laporan polisi nomor : LP/51/V/2018/Polda Lampung/Res Tuba/Sek Dente Teladas. Sesuai dengan pelaturan yang berlaku tersangka di jerat dengan pasal berlapis. Pasa 338 tentang kejahatan terhadap nyawa orang dan pasal 365 tentang pencurian KUHP.

Pada hari Rabu, 09/5/2018 sekitar Pukul 09.00 Wib, pelapor mendapatkan informasi dari pekerja tebu yang berinisial Nas (35) dan Is (33) bahwa di perkebunan tebu km.17 PT.SIL Kecamata Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang telah di temukan tengkorak Manusia, mendapat laporan tersebut pelapor dan tim langsung cek Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat itu pelapor langsung membawa tengkorak manusia tersebut ke Rumah Sakit Menggala, saat itu Identitas tengkorak belum di ketahui, namun pelapor mengingat ada laporan orang hilang pada tangal 5/2/2018, yang mana orang tersebut bernama Sup (34) dan pergi dengan mengunakan 1(satu) unit Mobil pick up warna Hitam jenis Daihatsu, dengan Nomor Polisi BE 9290 BL, No. rangka MHKP3BA1J9K008644, No. Mesin DE41568 pemilik Da (36). Atas dasar itu pada Hari Kamis,10/5/2018 sekitar Pukul : 07.00 Wib, pelapor mendatangi Istri dari Sup (34) an. Rit (30) untuk memberitahukan kejadian tersebut dan setelah Rit (30) melihat jenazah dan mengenali celana dalam yang dipakai korban, membenarkan dan menyakini bahwa jenazah/tengkorak adalah Suaminya yg merupakan hilang pada saat hendak membawa sayuran dengan mengendarai Mobil pick up warna hitam merk Grann max.

Atas dasar laporan polisi tersebut Pada Kamis, 24/5/2018, tim Tekab 308 Polres Tuba berangkat dari Polres Tuba menuju Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk melakukan penangkapan terhadap yang di duga pelaku, ternyata berdasarkan analisa Ilmu Teknologi dan informasi lapangan pelaku sudah bergeser dan berpindah-pindah tempat dari Garut, Bandung, Sumedang, Nagreg dan terakhir di Majalengka.

Kemudian tim Tekab 308 melakukan pengejaran sesampai di Kabupaten Majalengka tempatnya di pom bensin Desa Sindang Wasa Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. pelaku Eko S dapat di amankan pada Jum’at, 24/5/2018, sekitar Pukul :17.00 Wib.

Kemudian setelah itu tim Tekab 308 melakukan pengembangan, lalu tim Tekab 308 bergerak ke Daerah Cibubur tepat nya di proyek pembangunan Trans Mart, dan pada Pukul :23.30 wib. tim Tekab 308 Polres Tuba kembali berhasil mengamankan satu pelaku lagi Nurul R, dari hasil keterangan Rokib di ketahui bahwa selain Pisau ada juga Senjata Api (Senpi) yang di gunakan untuk membunuh korban yang di dapat dari Eko S (kakak ipar Rokib).

Berdasarkan hal tersebut tim kemudian berkordinasi dengan tim Tekab 308 Polres Tuba yang stanbye di Polsek Gedung Meneng untuk mengamankan seseorang di Wilayah Hukum Tuba yang di duga meminjamkan senjata api (Senpi) tersebut kepada pelaku untuk menghabisi nyawa korban. Lalu tim yg berada di Tuba bergerak dan berhasil mengamankan pemilik Senjata Api (senpi) sebagai alat eksekusi, dengan Identitas tersangka yang di amankan, Eko S (28). dari tangan Eko S tim berhasil mengamankan :
satu pucuk Senjata Api (senpi) rakitan dan 2 (dua) butir amunisi yang masih aktif.

Adapun tim yg berada di Jawa bergerak kembali ke Lampung ke Wilayah Kabupaten Pesawaran tempatnya di Dusun Pahmungan Kel.Way Kepayang RT 08 RW 03 Kec. Kedondong Kab.Pesawaran. Pada hari Sabtu, 26/5/2018 sekitar Pukul :15.00 Wib tim Tekab 308 Tuba berhasil mengamankan seorang laki-laki Dul Ahm (31) di kediamannya, beserta 1(Satu) unit kendaraan roda empat merk Grann Max jenis pick up warna hitam yang sudah di rubah warna menjadi putih di mana mobil tersebut merupakan mobil yg di gunakan korban. Lalu tim juga mengamankan sebilah Pisau jenis Badik bergagang kayu yang juga sebagai alat eksekusi yang di simpan dengan cara di tancapkan ke dalam tanah di belakang Rumah Dul Ahm.

Dari rangkaian kegiatan tersebut di ambil kesimpulan sementara diduga motif awal adalah cemburu karena mantan Istri tersangka Eko S di dekati korban dan sejauh ini jajaran Sat Reskrim polres Tuba berhasil mengamankan 4 ( Empat) pelaku. dan sementara ini barang bukti (BB) yang dapat di amankan petugas adalah :
1.satu buah Hp merk samsung warna hitam tipe Duos
2 satu buah Hp merk Aldo warna hitam
3. Satu buah Hp warna biru merk Brendcode
4. Satu buah pisau badik bergagang kayu
5. Satu buah plat Nomor Polisi Be 9290 BL (plat asli).
6. Satu buah STNK an. PT Andi Arta dengan Nopol Be 9299 no.
7. Buku kir an. Pt Andi Arta
8. KTP an. Nurul Rokib
9. KTP an. Dul Ahmad
10. Satu pucuk senjata api rakitan dengan 2 butir amunisi aktif.
Tindakan Kepolisian yang sudah di lakukan yaitu :
– cek Tkp
– buat sket Tkp
– Terima Lp
– Riksa saksi
– Visum et repertum
– Amankan tsk
– BAP tsk.