Polres Banyuwangi Siapkan 800 Personil Pengamanan Pilgub Jatim 2018

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Banyuwangi : Persiapan pengamanan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Timur  pada Juni mendatang, Kepolisian Resort Banyuwangi menggelar Simulasi Gladi Lapang di depan Pondopo Banyuwangi.

Kegiatan Pengamanan tersebut dirangkai dengan penandatanganan Ikrar Pilkada Aman yang dipimpin Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman. Acara simula ini di ikuti gabungan personil TNI AD/AL, Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Dandim 0825 Letkol Rully Nuryantom, Danlanal Letkol Suhartaya, Ketua KPUD Banyuwangi Samsul Arifin, Ketua Bawaslu Banyuwangi Hasyim Wahid, dan Ketua MUI Banyuwangi KH. M. Yamin. Serta sejumlah tim pemenangan masing-masing pasangan calon dan pengurus partai.

Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman menjelaskan, Polres Banyuwangi telah menyiapkan 800 personil untuk mengamankan Pilgub 2018. Gladi Lapang ini bertujuan untuk menyamakan persepsi pelaksanaan pengamanan dan juga meningkatkan profesionalisme para petugas pengaman.

“Gladi Lapang Sispam Kota ini untuk melatih anggota agar terlatih soal pengamanan Pilkada. Hal ini penting dilakukan meskipun hasil koordinasi dengan penyelenggara Pilkada tidak ada titik rawan di wilayah Banyuwangi. Ini semata-mata untuk memberikan jaminan keamanan dan kenyaman kepada masyarakat saat pesta demokrasi berlangsung,” Jelasnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sepakat dengan apa yang di katakan Kapolres Banyuwangi. Anas berharap, dengan adanya gladi Sispam tersebut kondusifitas Banyuwangi tetap terjaga selama Pilgub berlangsung.

“Jangan sampai Pilkada ini menganggu keamanan dan ketertiban Banyuwangi. Saya setuju dengan Gladi Lapang ini karena mempertemukan seluruh parpol, KPU, Bawaslu, dan timses masing-masing calon. Saya juga mengapresiasi ikrar Pilkada Damai yang mereka serukan bersama untuk melaksanakan Pigub damai di Banyuwangi. Saya harap, pilkada 2018 dapat berjalan damai dan indah agar kondusifitas yang telah terbangun di Banyuwangi tetap terjaga,” ujar Anas.

Dalam simulasi pengamanan pilkada tersebut digambarkan jalannya helatan Pilgub Jatim mulai dari tahapan kampanye, masa tenang, pengamanan hari pencoblosan sampai pengumuman hasil Pilkada oleh KPUD.

Pilkada 2018 akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 27 Juni mendatang. Pilkada ini, digelar di 171 daerah yang terdiri dari 13 yprovinsi, 39 kota dan 115 kabupaten termasuk Jawa Timur. (Gufron)