Kantor Baru Polresta Sidoarjo,Termegah Se-Jawatimur

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sidoarjo : Proses pembangunan Kantor Kepolisian Resort Kota (Polresta) Sidoarjo yang disebut-sebut termegah se-Jawa Timur mulai dilaksanakan. Kantor baru yang dibangun diatas lahan seluas 10 hektar tersebut rencananya akan dibangun tiga lantai sebagai gedung utama.

Kapolda Jatim, Irjen Pol. Machfudz Arifin menghadiri Peletakan batu pertama (Ground Breaking) Pembangunan Mapolresta Sidoarjo di Jalan Cemengkalang, Kecamatan Kota, Kabupaten Sidoarjo. Kantor baru yang dibangun diatas lahan seluas 10 hektar tersebut rencananya akan dibangun tiga lantai sebagai gedung utama.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Asrena Polri Irjen Bambang Sunar Wibowo, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas,Apartur dan Pengawasan M. Yusuf Atek, Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa, Forkopimda Kab. Sidoarjo, Ketua Bhayangkari Daerah Jatim Ibu Lita Machfud Arifin beserta Staff PD Bhayangkari Jatim, Para Pejabat Utama Polda Jatim dan Kapolres Jajaran Polda Jatim.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin berharap dengan adanya pembangunan kantor Polresta Sidoarjo yang baru ini bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan dibangunnya gedung baru yang megah ini, diharapkan nantinya bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” singkat Machfud Arifin.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji, juga mengatakan pembangunan kantor baru tersebut akan dilakukan dua tahap (multiyears). Tahap pertama akan dilakukan pembangunan gedung utama tiga lantai. Dalam pembangunan tahap awal ini, menggunakan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sebesar Rp. 31,5 Milyar.

“Untuk Gedung utama akan diisi  sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu, Satuan Pembinaan Masyarakat, Satuan Lalu Lintas, Provost, Lapangan Upacara, Heliped dan Gerbang Keluar Masuk,” kata Himawan,  kepada wartawan, Selasa,  (8/5/2018).

Meski begitu, untuk pembangunan tahap pertama ini luas bangunan yang digarap mencapai lima ribu meter persegi atau lima hektar dari jumlah total luasan area sebanyak 10 ribu meter persegi (10 hektar). “Harapannya, pembangunan tahap pertama bisa diselesaikan awal tahun 2019,” tambah Himawan.

Masih kata Himawan menjelaskan, setelah pembangunan tahap pertama, maka akan dilanjutkan dengan pembangunan tahap zona pendukung. Pada tahap ini, pembangunan akan digunakan untuk gedung Intelkam, Shabhara, Reserse Narkoba, Reserse Kriminal, Rumah tahanan, gudang senjata api dan amunisi serta gedung lain.

Luasan untuk tahap zona pendukung ini mencapai empat ribu meter persegi. Pada tahap ini juga akan ada anggaran hibah dari Pemkab Sidoarjo yang nilainya sama dengan tahap satu yaitu Rp31,5 miliar,” jelasnya Himawan

Sekadar diketahui, di area pembangunan kantor Baru Mapolresta Sidoarjo ini nantinya juga dilengkapi barak personil pengendali massa, rumah tamu, rumah dinas pejabat polresta, asrama, pusat hiburan, pusat olahraga dan lapangan tembak dan pusat jajan serba ada. Dan tak kalah pentingnya juga akan didirikan gedung serba guna, klinik kesehatan dan masjid. (Syahril)