LAHAN TANAH MILIK YAYASAN YATIM PIATU PERSERIKATAN MUHAMMADIYAH HIBAH DARI H. EDY PURNOMO DIGUGAT DI PENGADILAN NEGERI KOTA PROBOLINGGO

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

    PENGADILAN NEGERI KOTA PROBOLINGGO                        MAJELIS HAKIM MELAKUKAN PEMERIKSAAN OBYEK WISATA

WH Probolinggo : Digugatnya lahan tanah Milik Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah hibah dari H. EDY PURNOMO yang terletak di Kelurahan Jrebeng Kulon Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo atas gugatan perdata di Pengadilan Negeri Probolinggo ini menjadi pembicaraan masyarakat dan berbagai pihak dari hasil yang dihimpun koresponden Warta Hukum di Probolinggo.

Berdasar hasil investigasi di lapangan atas gugatan perkara perdata nomor : 45/Pdt.g/2017/PN.Pbl dengan para penggugat yang bernama MATARIP, YATRISNU, TARIMA, SIANA, ERNAWATI bertindak atas nama penggugat dan para tergugat Hj. NURATI dikuasakan kepada pengacara DJANDO tergugat 2 H EDY PURNOMO tergugat 3 Yayasan Yatim Piatu Perserikatan Muhammadiyah tergugat 4 H ABDUL AZIZ TARJI dikuasakan kepada putranya, di dalam persidangan di pimpin oleh Majelis Hakim HADI SUNOTO SH.

Sejak digugatnya tanggal 22 November 2017 di tiap-tiap persidangan awal gugatan, jawaban, replik, duplik, Bukti surat, PS, saksi-saksi. Media Warta Hukum yang selalu mengikuti proses persidangan para penggugat mengklaim dalam gugatannya cucu dari BU PANDI kalau lahan yang menjadi objek perkara milik BU PANDI  asal usul lahan tanah yang pernah sengketa atas dasar putusan pengadilan  tahun 1983.

Tanah tersebut dipinjam oleh H IBROHIM orang tua tergugat 1 dan lahan tersebut satu objek yang sekarang dipecah menjadi 2 objek di dalam gugatannya. Objek yang pertama dimiliki H EDY PURNOMO yang sekarang dihibahkan ke Yayasan Yatim Piatu Perserikatan Muhammadiyah, objek yang kedua dimiliki H. ABDUL AZIZ TARJI di saat pemeriksaan objek tersebut ke lokasi yang dihadiri oleh Majelis Hakim, Panetra, para penggugat dan tergugat. Para penggugat mengklaim menunjukkan kepada Majelis Hakim kalau objek lahan tanah yang dikuasai Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah yang juga lahan dikuasai oleh H. ABDUL AZIZ TARJI para penggugat kalau objek lahan yang dikuasai H. ABDUL AZIZ TARJI menunjuk batas-batas kalau sengketa 2 seluas 1.848 m2 para penggugat mengklaim hanya separuh lahan tersebut dan batas sebelah barat menunjuk sungai namun fakta di lokasi ada jalan setapak.

Para penggugat mengklaim di lahan objek milik tergugat 4 ada kuburan atau makam menurutnya kuburan umum menjelaskan kepada Majelis Hakim dan menurut cucu tergugat 1 yang bernama MULUT mengklaim kalau kuburan di atas objek tergugat 4 kuburan keluarga tergugat 1 Hj. NURATI.

Menurut warga setempat lahan yang sudah bertahun-tahun dikuasai oleh para tergugat menurutnya para penggugat atas dasar apa menggugat apa lagi lahan objek yang sekarang dikuasai oleh Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah justru warga setempat menyampaikan ada dugaan ada pihak ke 3 yang ingin menguasai lahan tanah tersebut.

Sidang kesaksian para penggugat. Para penggugat di dalam persidangan menghadirkan saksi-saksi diantaranya : DONAL ARTUR beralamat Sumber kedawung Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo atas kesaksiannya dibawa sumpah  dalam memberi kesaksian Majelis Hakim menjelaskan kesaksian harus apa yang diketahui dan dilihat namun dalam keterangan saksi objek lahan tanah milik BU PANDI Cs sengketa 1 sebelah selatan dikuasai oleh Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah dan sengketa 2 sebelah utara dikuasai oleh H. ABDUL AZIZ TARJI atas kesaksiannya kalau lahan tanah yang menjadi objek perkara dipinjam dari BU PANDI oleh orang tua tergugat 1 Hj. NURATI dan sengketa 2 yang dikuasai oleh H ABDUL AZIZ TARJI seluas 1.848 m2 menurut saksi hanya separuh kira-kira 60%. Dan SURYADI menguasai lahan objek tanah dijual ke tergugat 1 dan ketergugat 4 namun saksi tidak tau menau hanya katanya, objek lahan tanah dikuasai tergugat 1 sekitar tahun 2006 dan lahan tersebut dihibahkan ke Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah sekitar tahun 2014 atas kesaksiannya asal usul transaksi jual beli saksi juga tidak tau menau jelasnya.

Hal yang menarik di sela persidangan para pengunjung yang bernama ALIMUN pensiunan TNI menjelaskan atas kesaksiannya sangat tidak jelas hanya katanya-katanya dan tidak objektif jelas ALIMUN. Juga para penggugat mengahdirkan saksi dalam persidangan H SUTRIS KIPI alamat Kareng Lor Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo.

Saksi dibawah sumpah menjelaskan atas kesaksiannya H. SUTRIS KIPI sebelum disumpah oleh Majelis Hakim apa ada hubungan keluarga dengan para tergugat H. SUTRIS KIPI menjawab tidak ada hubungan keluarga. Setelah disumpah H. SUTRIS KIPI menjelaskan kalau BU PANDI masih status sepupu dan para penggugat masih status cucu, dalam kesaksiannya objek perkara lahan ada di Jrebeng Kulon menurutnya ikut Kecamatan Kedopok padahal objek lahan yang menjadi perkara terletak di Kelurahan Jrebeng Kulon Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo atas kesaksiannya H. SUTRIS KIPI menjelaskan sengketa 1 ditanami sengon menurutnya yang menanam bernama MULUT cucu tergugat 1 H. NURATI  kalau dikuasai Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah saksi tidak tau sedangkan sengketa 2 milik tergugat 4 lahan tersebut kosong juga menjelaskan kalau kuburan atau makam kuburannya orang tua penggugat dan tergugat 1 juga dalam kesaksiannya H. SUTRIS KIPI menjelaskan batas objek lahan sebelah barat jalan setapak sejak dulu memang ada jalan juga menjelaskan kalau asal usul lahan tersebut pernah berperkara sebelum tahun 1983 SURYADI, SEKAR SALIM, BU PANDI, setelah pengosongan dikuaai H. IBROHIM orang tua tergugat 1 menurutnya H. IBROHIM pinjam lahan tanah tersebut kepada BU PANDI namun hal transaksi tersebut H. SUTRIS KIPI tidak tahu hanya mendengar dan katanya juga para penggugat menghadirkan saksi dari Kelurahan Jrebeng Kulon memberikan kesaksian di dalam persidangan di bawah sumpah dan saksi membawa dokumen letter.C dan kerawangan, di dalam kesaksiannya menelaskan letter C 1152 atas nama BU PANDI latter C 1153 atas nama SEKAR SALIM letter C 1147 atas nama SURYADI alias MUNAKI soal batas-batas saksi tidak tahu manau namun saksi di dalam persidangan menjelaskan kalau letter C 1147 atas nama SURYADI saksi membenarkan kalau lokasi  lahan tanah yang sekarang di kuasai oleh Yayasan Yatim Piatu Muhammadiyah dan HAJI ABDUL AZIZ TARJI jelasnya.

Para penggugat menghadirkan saksi dari Kelurahan Jrebeng Kulon PURWANTO dengan membawa buku letter C dan buku krawangan dan saksi menjelaskan kalau letter C 1147 atas nama SURYADI dan membenarkan kalau objeknya  yang sekarang dikuasai oleh Yayasan Muhammadiyah para penggugat juga menghadirkan saksi dari BPN (Badan Pertanahan Nasional) di dalam persidangan saksi dengan membawa warkah dan menjelaskan dan juga membenarkan kalau sertifikat No. 605 atas nama H. EDY PURNOMO sedangkan Sertifikat No. 604 atas nama H. ABDUL AZIZ TARJI.

Tergugat 2 dan Tergugat 4 menghadirkan saksi dari Kecamatan Kademangan SHOLEHUDIN Kelurahan Tisnonegaran Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, memberikan kesaksian di Persidangan dibawah sumpah dengan membawa Dokumen Akte Jual Beli yang asli, menjelaskan dan mencocokkan Akte Jual Beli No. 135 Tahun 2006 Persil 106 Kohir 1147 atas nama SURYADI ke Hj. NURYATI dan Akte Jual Beli No. 136 Tahun 2006 Persil 106 Kohir 1147 atas nama SURYADI ke H. ABDUL AZIZ TARJI. Saksi menjelaskan Letter C tersebut tembus dan benar. Sedangkan para tergugat H. EDY PURNOMO dan SISWANTO atas gugatan para penggugat menjelaskan kepada Media Warta Hukum para tergugat pasrah sepenuhnya kepada Majelis Hakim yang mempertimbangkan dalam kasus perkara perdata ini. (Bersambung)