LANGKAH AWAL DPC PWRI KOTA SURABAYA SETELAH PELANTIKAN

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Surabaya : Maju tidaknya Suatu Negara tergantung Pers Profesional dengan berlandaskan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers serta Kode Etik Jurnalistik. Berkembangnya media massa di Indonesia menciptakan opini juga benak pikiran masyarakat, baik yang mainstream (radio, televisi, surat kabar, tabloid, majalah) maupun new media (online, cyber) menjamur dan mengepung kita tanpa bisa dibendung dan dihindari.

Menurut faktanya, informasi memang bermanfaat, mendidik, menghibur secara sehat, tetapi sisanya sampah.
Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPC PWRI) Kota Surabaya sebagai organisasi wartawan dan organisasi perusahaan pers harus bisa mewujudkan dan membangun wartawan juga perusahaan pers menjadi lebih profesional.

Banyak opini dimasyarakat yang menyudutkan kinerja wartawan bahwa nilai intelektualnya sudah luntur, yang ditonjolkan arogansi dan berbenturan dengan tugas pokok juga fungsinya sebagai wartawan. Menganalisa fakta seperti ini, DPC PWRI kota Surabaya ingin mengembalikan citra wartawan sebagai kontrol sosial yang lebih profesional.

Konsep DPC PWRI kota Surabaya sangat jelas, mengontrol, mengevaluasi, mendata, membina, mendidik dan memberikan pelatihan terhadap jurnalistik untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila. Maju dan tidaknya suatu Negara, tergantung pers itu sendiri.

Menurut Anang Ruswandi, selaku Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPC PWRI kota Surabaya mengatakan, bahwa ” DPC PWRI kota Surabaya, bertekad untuk membina, mendidik, melatih dan yang lebih penting melindungi jurnalis dan perusahaan pers dalam permasalahan apapun ” jelas Anang Ruswandi setelah acara pelantikan selesai, Selasa (17 april 2018).

DPC PWRI kota Surabaya siap menampung jurnalis dan perusahaan pers yang mau ikut bergabung dalam membantu visi misi demi NKRI satu, berdasarkan mottonya PWRI lintas suku lintas agama. DPC PWRI kota Surabaya, siap mengkritik dan dikritik, demi mewujudkan kota Surabaya yang adil dan makmur.

Lembaga eksekutif, yudikatif, dan legislatif kota Surabaya, sangat mendukung DPC PWRI untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pers atau jurnalis yang ada di kota Surabaya. Dengan jalan memfilter mana yang benar – benar wartawan dan mana yang bukan dengan metode pendidikan dan pelatihan.

Terbentuknya DPC PWRI kota Surabaya sedikit banyak nantinya bisa merubah maenset wartawan untuk lebih profesional. Semua instansi mendukung kinerja DPC PWRI kota Surabaya sehingga menjadi barometer dan tolak ukur dari DPC PWRI di seluruh Indonesia, ungkapnya. (AAR)