Panwaslu Kabupaten Sampang Melakukan Penertiban APK Di Fasilitas Umum

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

WH Sampang : Karena semakin maraknya APK yang tertempel di tempat umum khususnya di pinggir Jalan-Jalan umum yang merupakan akses bagi kendaraan umum, selain mengganggu bagi pengendara juga mengotori keindahan kota Sampang, maka pada hari Selasa (17/04/2018) sekitar jam 19.30 Wib, anggota Panwaslu, petugas Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Kepolisian melakukan pembersihan serta penertiban gambar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sampang (APK) yang ada di sekitaran jalan protokol.

Sambil ikut juga turun kelapangan dalam Kegiatan tersebut, salah satu pihak awak media Warta Hukum Sampang sempat mewawancarai anggota Panwaslu (Insiyatun, SH), dalam keterangannya Beliau mengatakan,, “Tujuan kami melakukan ini adalah untuk menertibkan gambar pasangan calon, kami juga sudah mensosialisakan kepada Tim kampanye agar tidak tidak menempel gambar paslon, sehingga kami kami berkoordinasi dengan Satpol PP, Dinas Perhubungan, kepolisian serta Panwas kota dimana mereka sudah melanggar ketentuan PKUPU 4 Th. 2017 bahwa bahan kampanye itu di sebar bukan di tempel di sembarang tempat, apalagi di pinggir jalan, dalam pasal 26 ayat 3 juga tentang larangan-larangan Bahan Kampanye (BK), seperti di tempel-tempel di tiang listrik, rambu-rambu lalu lintas dan di pinggir jalan protokol.

Pada hari selasa (16/04/2018) berita acara yang kami lakukan dengan Tim kampanye sudah adanya kesepakatan dan ditandatangani oleh Tim kampanye tersebut, dan apabila larangan-larangan baik BK maupun baleho tidak diindahkan atau tetap melanggar baik dari partisan maupun relawan, maka akan kami mengambil tindakan secara tegas berupa administrasi terhadap pasangan calon tersebut “, Ungkap Insiyatun, SH.

Selanjutnya menurut petugas Satpol PP Kabid Penegakan Perda dan Tibum (Chairijah, SH, MH) yang mewakili Kasat Satpol PP (H. Kusno Abdullah, SH) yang merupakan mitra kerja Panwaslu dan KPUD Sampang mengatakan,” Kita harus menciptakan ketertiban, keindahan dan keamanan masyarakat, sedangkan himbauan untuk PASLON itu sudah ditentukan berupa larangan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Bupati No. 1 Th. 2015 tentang tata cara pemasangan reklame itu tidak boleh ditempelkan di tiang listrik atau pohon, atau mungkin mereka menyebarkan sedangkan tempelan tidak diberikan arahan, Satpol PP sendiri merupakan mitra kerja dari Panwaslu dan KPUD Sampang “, Ujar Chairijah, SH, MH.

Dari kegiatan pembersihan serta penertiban APK dan BK yang ditempel maupun reklame di pinggir jalan terutama fasilitas umum di bagi dalam lima titik sekitaran Sampang kota berjalan dengan lancar, sehingga acara kegiatan tersebut berakhir sekitar Jam 00.30 Wib. #(is-one)#